Setahun Corona di RI

Ragam Data Peringatan Setahun Virus Corona di Indonesia

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 02 Mar 2021 07:00 WIB
Vaksinator menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada warga kelompok lanjut usia (lansia) saat vaksinasi massal di SMA Negeri 8 Jakarta, Tebet, Jakarta Selatan, Senin (1/3).
Foto: Ilustrasi (Agung Pambudhy/detikcom)

4. Pembentukan Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional

Presiden Jokowi meneken Perpres Nomor 82 Tahun 2020 tentang Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional. Komite itu dipimpin oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dengan Erick Thohir sebagai ketua pelaksana.

Salah satu produk besar dari komite ini adalah keluarnya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro menggantikan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Terbaru, pemerintah memperpanjang PPKM mikro pada 20 Februari lalu. Perpanjangan PPKM mikro 23 Februari sampai 8 Maret 2021 di RT/RW pada desa/kelurahan di 123 kabupaten/kota yang ditetapkan oleh masing-masing gubernur sebagai prioritas wilayah penerapan PPKM mikro.

5. Vaksin Tiba di Indonesia

Vaksin virus Corona pertama tiba di Indonesia pada 6 Desember 2020. Indonesia menerima 1,2 juta vaksin Sinovac dari China.

Presiden Jokowi menjelaskan Indonesia menerima 1,2 juta vaksin Corona dari Sinovac ini. Vaksin itu sudah melalui uji klinis. Uji klinis dilakukan di PT Bio Farma, Bandung, Jawa Barat.

"Kita juga masih mengupayakan 1,8 juta dosis yang tiba di awal Januari," tutur Jokowi di akun YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (6/12/2020).

Berjuta-juta vaksin tahap selanjutnya tiba di Indonesia secara bertahap. Vaksin Corona datang tahap selanjutnya pada bulan Januari hingga Februari 2021.

6. Vaksinasi Dimulai

Vaksinasi Corona tahap pertama di Indonesia pada 13 Januari 2021. Orang pertama yang mendapatkan vaksinasi adalah Presiden Jokowi.

Vaksinasi ini dilakukan di Istana Negara, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Vaksin diberikan ke Jokowi, Rabu (13/1/2021), pukul 09.42 WIB.

"Meskipun telah dilaksanakan vaksinasi, saya ingin mengingatkan kembali tentang pentingnya disiplin terhadap protokol kesehatan. Ini tetap terus kita lakukan. Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan," tegas Jokowi.

Vaksinasi tahap pertama ini menyasar tenaga kesehatan di Indonesia. Saat ini, vaksinasi sudah memasuki tahap kedua yang menyasar pekerja dan pelayan publik.

Halaman

(rfs/rfs)