6 Anggota DPRD Solo Kena Corona, 3 di Antaranya Hadiri Pelantikan Gibran

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Senin, 01 Mar 2021 20:03 WIB
Poster
Foto: Ilustrasi virus Corona atau COVID-19 (Edi Wahyono)
Solo - Enam orang anggota Fraksi PDIP di DPRD Solo dinyatakan positif virus Corona atau COVID-19. Tiga orang di antaranya sempat hadir dalam rapat paripurna acara pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa, Jumat (26/2) lalu.

Enam orang tersebut adalah Suharsono, YF Sukasno, Paulus Haryoto, Janjang Sumaryono Aji, Roy Saputro, dan Suwanto. Kabar tersebut dibenarkan oleh Teguh Prakosa yang juga merupakan Sekretaris DPC PDIP Solo.

"Betul. Kalau Pak Kasno dan Suharsono kan sudah lama. Empat lainnya ini baru," kata Teguh saat dihubungi detikcom, Senin (1/3/2021).

Empat orang itu diketahui positif COVID-19 berawal dari hasil tes swab Paulus. Paulus diketahui positif COVID-19 pada waktu sebelum pelantikan Gibran-Teguh, sehingga dirinya tidak hadir.

"Pak Paulus sudah dikabari sebelumnya, makanya tidak datang (pelantikan). Tapi tiga orang tracing-nya itu datang semua di (paripurna) pelantikan, ternyata positif," ujar Teguh.

Menurutnya, ada dua orang yang saat ini harus dirawat di rumah sakit, yakni Paulus dan Janjang. Sementara empat orang lainnya menjalani isolasi mandiri.

"Dua orang yang di rumah sakit, Pak Paulus sama Pak Janjang. Lainnya isolasi mandiri. Pak Kasno besok sudah selesai karantina," kata dia.

Selain enam orang anggota DPRD, seorang notulis di Komisi III DPRD Solo bernama Elvi Wahyu Purwaningrum juga terpapar COVID-19. Komisi III adalah komisi yang membidangi perekonomian dan diketuai oleh Sukasno.

Sebelumnya, ada tiga orang anggota Fraksi PDIP DPRD Solo yang pernah dinyatakan positif COVID-19, yakni Siti Muslikah, Hartanti dan Elisabeth Pudjiningati. Mereka sudah sembuh dan kembali beraktivitas.

Untuk diketahui, usai mengucap sumpah jabatan, Gibran Rakabuming dan Teguh Prakosa lalu menghadiri rapat paripurna perdana di DPRD Solo. Gibran lalu menyampaikan pidato pertamanya saat paripurna di DPRD Solo. (rih/ams)