KPK Ungkap Nurdin Abdullah Sudah Kenal Lama dengan Tersangka Penyuap

Rahmat Fathan - detikNews
Minggu, 28 Feb 2021 06:45 WIB
Petugas menunjukkan barang bukti uang tunai di Gedung KPK, Jakarta, Minggu (28/2/2021). Uang dengan jumlah Rp 2 miliar dalam koper dari rumah dinas seorang pejabat dinas Pemprov Sulawesi Selatan yang ditunjukkan dalam konferensi pers terkait dugaan korupsi Nurdin Abdullah.
Jumpa pers KPK soal kasus Nurdin Abdullah (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

KPK menetapkan Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah sebagai tersangka penerima suap dalam kasus proyek di Sulsel. KPK menyebut Nurdin Abdullah (NA) sudah kenal lama dengan tersangka pemberi suap, Agung Sucipto (AS).

"AS Direktur PT APB telah lama kenal baik dengan saudara NA yang berkeinginan mendapatkan beberapa proyek pekerjaan infrastruktur di Sulawesi Selatan tahun 2021," kata Ketua KPK Firli Bahuri saat jumpa pers di Gedung Merah Putih KPK, Minggu (28/2/2021) dini hari.

Filri mengungkap perihal yang membuat Nurdin Abdullah dan Agung Sucipto. Agung Sucipto, kata Filri telah mengerjakan beberapa proyek di Sulsel beberapa tahun sebelumnya.

"AS sebelumnya telah mengerjakan beberapa proyek lain di Sulsel di antaranya; Peningkatan Jalan Ruas Palampang - Munte - Bontolempangan di Kab. Sinjai, Bulukumba (DAK) Tahun 2019 dengan nilai Rp 28,9 Miliar," kata Firli.

Firli menyebut AS juga menjadi kontraktor proyek di Sulsel tahun 2020. Proyek itu di antaranya pembangunan ruas jalan di Palampang.

"Berikutnya pembangunan Jalan Ruas Palampang - Munte - Bontolempangan tahun 2020 dengan nilai proyek Rp 15,7 Miliar," kata dia.

"Yang ketiga pembangunan Jalan Ruas Palampang - Munte - Bontolempangan 1 Paket APBD Provinsi Sulawesi Selatan dengan nilai Rp 19 Miliar," sambungnya.

Keempat, AS juga menjadi kontraktor proyek pembangunan jalan dan pedestrian di kawasan Wisata Bira. Nilai proyek sebesar Rp 20,8 miliar.

"Berikutnya pembangunan jalan, pedestrian dan penerangan jalan Kawasan Wisata Bira dana bantuan keuangan Provinsi Sulsel 2020 kepada Kabupaten Bulukumba TA 2020 ini dengan nilai proyek Rp 20,8 Miliar," katanya.

Simak video 'Gubernur Sulsel Dijemput KPK di Rujab, Jubir: Tak Ada yang Disita':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2