Round Up

Daerah Penyangga Buka Suara saat Pasien Bodetabek Isi RS Ibu Kota

Tim Detikcom - detikNews
Kamis, 21 Jan 2021 08:05 WIB
Poster
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono)
Jakarta -

Pemprov DKI mengungkap bahwa pasien Corona yang dirawat di RS di Jakarta, sebanyak seperempatnya berasal dari Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Pemerintah daerah penyangga itu pun angkat bicara.

Pemprov DKI Jakarta menyampaikan kapasitas rumah sakit rujukan COVID-19 di Jakarta hampir penuh. Kini kapasitas RS rujukan COVID-19 di DKI tinggal 13 persen.

Dikutip dari akun Instagram resmi Pemprov DKI @dkijakarta, data tersebut diunggah pada Selasa (19/1).

Dalam unggahan tersebut, Pemprov DKI Jakarta menyebut jumlah pasien tersebut tidak semua warga Jakarta. Ada warga Bodetabek yang juga dirawat di rumah sakit rujukan COVID-19 di DKI.

"Berikut gambaran terkini kondisi rumah sakit di Jakarta. Kapasitas tersisa 13% lagi untuk menampung pasien COVID-19, baik yang berasal dari Jakarta maupun luar Jakarta," tulis @dkijakarta seperti dilihat detikcom, Rabu (20/1/2021).

"RS di Jakarta hampir penuh, seperempat pasien asal Bodetabek per tanggal 17 Januari 2021," katanya.

Wagub DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengatakan Pemprov DKI tidak membedakan warga yang hendak masuk ke rumah sakit di Jakarta. Semua orang akan dilayani dengan baik.

"Jadi yang saya sampaikan, apapun kondisi rumah sakit di Jakarta itu penuh, salah satunya disebabkan memang 27-30 persen itu diisi oleh warga non-Jakarta dalam melayani kami tidak pernah membedakan apa warga Jakarta atau non-Jakarta, semua adalah saudara kita, keluarga besar kita, bangsa Indonesia," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (19/1).

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta meminta pemerintah pusat turun tangan membantu menyiapkan fasilitas kesehatan (faskes) di daerah penyangga atau Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Bodetabek).

"Pak Gubernur (Anies Baswedan) juga berkoordinasi dengan pemerintah pusat, lewat pemerintah pusat nanti akan mengkoordinasikan perlunya dukungan bantuan bagi daerah-daerah selain Jakarta agar dapat juga mempersiapkan RS, tempat tidur, ICU dan faskes lainnya," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Balai Kota, Selasa (19/1/2021).

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5 6