Duh! Okupansi Ruang Isolasi Pasien Corona di Bandung Capai 85 Persen

Muhammad Iqbal - detikNews
Rabu, 20 Jan 2021 15:22 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Kabupaten Bandung -

Kasus COVID-19 di Kabupaten Bandung terus meningkat. Saat ini bahkan okupansi ruang isolasi untuk pasien Corona sudah mencapai 85 persen.

Sebelumnya, dua hari lalu Kabupaten Bandung masuk dalam zona merah atau tingkat penularan COVID-19 yang tinggi. Angka kasus positif COVID-19 pun mencapai angka 5 ribuan.

"Ruang isolasi di Kabupaten Bandung hampir terisi di angka 85 persen. Hanya tersisa 15 persen di berbagai tempat. Di Jelekong (BLK), Rumah Sakit Majalaya, RS Soreang, RS Cicalengka," ujar Bupati Bandung Dadang M. Naser di Soreang, Kabupaten Bandung, Rabu (20/1/2021).

Dadang mengatakan pihaknya belum memiliki rencana untuk melakukan penambahan ruang isolasi dari gedung milik pemerintah daerah. Ia telah berkoordinasi dengan pihak Provinsi Jabar, di mana nantinya basecamp militer akan dijadikan ruang isolasi.

"Kita koordinasi dengan pihak provinsi itu ada basecamp tentara yang siap. Kalau di sini penuh bisa dipakai," kata Dadang.

"Saya kira solusinya bukan penambahan ruang isolasi, (tapi) isolasi mandiri," tambah Dadang.

Selain itu, Dadang mengatakan saat ini lokasi pemakanan pasien COVID-19 tidak hanya di tempat khusus Cikoneng. Tetapi, lanjutnya, tempat pemakanan biasa pun sudah bisa dilakukan pemakaman dengan pasien COVID-19.

"Termasuk tempat penguburan, tempat penguburan tidak harus konsen ke Cikoneng, jadi bisa di tempat umum. Ada yang ingin dimakamkan di tempat bukan khusus COVID tapi ingin di makam luar, sudah bisa," katanya.

Dilihat dari data @diskominfbdgkab per tanggal 19 Januari 2021, angka kasus penularan sebanyak 5.377 kasus, dengan 1.118 orang yang sedang dirawat. Dari 1.118 orang, sebanyak 47 orang dirawat di ruang isolasi, 135 dirawat di rumah sakit rujukan dan 936 isolasi mandiri.

(mso/mso)