Isolasi di Wisma Atlet

Menurut Pasien COVID-19, Tempat Isolasi Wisma Atlet Nyaman Bak Hotel

Danu Damarjati - detikNews
Minggu, 20 Sep 2020 14:33 WIB
Sempat ramai menjadi pembicaraan di sosial media, Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet penuh. Hal itu terlihat dengan nyala lampu yang mneyinari hampir keseluruh ruangnya.
Kompleks Wisma Atlet, Kemayoran, kini jadi tempat isolasi pasien COVID-19 bergejala ringan dan tanpa gejala. (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Wisma Atlet yang selama ini menjadi tempat isolasi pasien COVID-19 ternyata meninggalkan kesan yang baik dari penghuninya. Bahkan, kenyamanan di sini disebut-sebut seperti hotel tapi gratis.

"Bisa dibilang, ini mewah," kata Christman Datubara (31) saat berbincang via telepon dengan detikcom, Minggu (20/9/2020).

Chris adalah pasien tanpa gejala yang diisolasi di satu unit dalam Tower 5 lantai 9 flat isolasi mandiri Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat. Sebenarnya, ini adalah apartemen untuk atlet Asian Games 2018.

Chris termasuk pasien angkatan awal yang menghuni flat ini, dia adalah penghuni pertama unit ini. Ini adalah hari ke-6 dia, terhitung sejak pertama kali masuk ke Wisma Atlet pada 14 September pekan lalu. Kini dia menunggu tibanya hari ke-8, hari dia akan dites usap (swab) lagi, dia berharap hasilnya negatif COVID-19.

Pria yang berprofesi sebagai musisi ini rela menjalani isolasi di Wisma Atlet dan meninggalkan istri serta tiga anaknya yang masih kecil di rumah dalam kompleks di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Di sini, dia bisa berkonsentrasi untuk menjaga kondisi badan disertai perhatian langsung dari perawat yang paham, serta meminimalisasi risiko penularan kepada keluarga di rumah.

"Di sini ada yang mengingatkan kapan makan, minum vitamin, berjemur, hingga cek kesehatan," kata Chris.

Satu unit di sini ditempati dua orang. Ukuran satu unit adalah 6x6 meter. Di dalam unit, ada ruang tamu, dua kamar tidur, satu dapur, dan satu kamar mandi.

Room Tour Wisma Atlet yang jadi tempat isolasi pasien COVID-19 tanpa gejala. (Dok pribadi Christman Datubara)Dua ranjang ada di dalam satu kamar, namun Chris hanya menempati satu, ranjang satunya dibiarkan kosong. (Dok. Pribadi Christman Datubara)

Dua kamar di dalamnya masing-masing berukuran 4x3 meter dengan dua ranjang dan 3x3 meter dengan satu ranjang. Chris kebagian kamar dua ranjang, meskipun hanya satu ranjang saja yang dia pakai.

"Di sini nyaman dan terjamin, tiap kamar ada AC (penyejuk udara)," kata dia. Hanya saja, tidak ada pesawat televisi di sini.

Room Tour Wisma Atlet yang jadi tempat isolasi pasien COVID-19 tanpa gejala. (Dok pribadi Christman Datubara)Christman Datubara (Dok. Pribadi)

Selanjutnya
Halaman
1 2