Isolasi di Wisma Atlet

Ini Menu Makanan Pasien COVID-19 di Wisma Atlet

Danu Damarjati - detikNews
Minggu, 20 Sep 2020 10:19 WIB
Menu makanan di tempat isolasi COVID-19, Wisma Atlet, Kemayoran. (Dok pribadi Christman Datubara)
Menu makanan di tempat isolasi COVID-19, Wisma Atlet, Kemayoran. (Dok. Pribadi Christman Datubara)
Jakarta -

Ribuan pasien COVID-19 tanpa gejala hingga bergejala ringan menjalani isolasi di Wisma Atlet. Makanan apa yang mereka konsumsi sehari-hari?

Sejumlah pasien COVID-19 menyampaikan kepada detikcom soal menu makanan yang mereka santap setiap harinya dalam gedung-gedung yang menjulang di Kemayoran, Jakarta Pusat, itu. Salah satu dari mereka ada yang masih menjalani isolasi, hingga berita ini diturunkan, Minggu (20/9/2020).

Christman Datubara (31) menghuni satu unit di Tower 5, lantai 9, flat isolasi di Wisma Atlet Kemayoran. Dia datang pada Senin (14/9) dan mulai masuk ke unit sejak Selasa (15/9) dini hari. Sehari-harinya dia mengonsumsi makanan yang diberikan oleh pihak Wisma Atlet.

Biasanya, perawat memberi tahu via grup WhatsApp bahwa makanan sudah siap diambil di koridor. Makanan dikemas dalam kotak kardus, alias nasi kotak.

"Makanan pokok tiga kali sehari, plus satu snack sekitar jam 11.00 WIB," kata Chris, panggilannya.

Menu makanan di tempat isolasi COVID-19, Wisma Atlet, Kemayoran. (Dok pribadi Christman Datubara)Nasi kotak untuk pasien isolasi COVID-19 di Wisma Atlet. (Dok. Pribadi Christman Datubara)

Menu makanan antara sarapan pagi, makan siang, hingga makan malam cenderung sama kualitasnya. Menu sarapan pagi bukan menu ringan, melainkan menu penuh bak makan siang atau makan malam.

"Mantep sih ini," kata dia.

Secara umum, menu makanan pagi, siang, dan malam terdiri atas seporsi nasi plus dua lauk, sayuran, dan buah. Barusan saja, dia menghabiskan seporsi nasi, dua jenis lauk berupa ayam dan ikan goreng, sayur, dan buah.

Menu makanan di tempat isolasi COVID-19, Wisma Atlet, Kemayoran. (Dok pribadi Christman Datubara)Menu makanan di tempat isolasi COVID-19, Wisma Atlet, Kemayoran. (Dok. Pribadi Christman Datubara)

Sajian buah tak pernah ketinggalan, misalnya jeruk atau pisang. Pukul 11.00 WIB menjelang siang, para pasien diberi makanan ringan berisi kue kering, risol, dan susu kemasan kotak.

Malam harinya sama saja, hanya variasinya yang berbeda. Misalnya, dua lauk terdiri atas kombinasi ayam-ikan, ayam-fish roll, atau ikan-nugget. Sayurnya bisa berupa capcai, buncis, atau jenis olahan sayur lainnya.

Menu makanan di tempat isolasi COVID-19, Wisma Atlet, Kemayoran. (Dok pribadi Christman Datubara)Ada buah di tiap sajian. (Dok. Pribadi Christman Datubara)

"Memang menunya ini nggak asal-asalan," kata dia.

Hanya, sejauh ini dia tidak menemukan satu hal. "Dari pertama kali, nggak pernah ada sambal atau saus," kata dia.

Menu makanan di tempat isolasi COVID-19, Wisma Atlet, Kemayoran. (Dok pribadi Christman Datubara)Makanan ringan atau snack plus susu untuk pasien isolasi COVID-19. (Dok. Pribadi Christman Datubara)

Tonton juga 'Hingga Kini, Wisma Atlet Telah Menampung 3.000 Lebih Pasien COVID-19':

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2