Round-Up

Fakta Baru Ketua DKM Meninggal Dibacok Gegara Kunci Kotak Amal

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Rabu, 16 Sep 2020 20:45 WIB
ilustrasi pembunuhan
Ilustrasi (dok. detikcom)
Jakarta -

Meyudin (58) ditetapkan sebagai tersangka setelah membacok Ketua DKM Masjid Nurul Iman, Arif (61), hingga tewas. Pelaku buka suara soal perkara kotak amal.

Fakta terkini, Kapolres OKI AKBP Alamsyah Palupessy mengungkapkan Meyudin telah ditetapkan sebagai tersangka dan dijerat pasal pembunuhan berencana.

"Pemeriksaan terhadap tersangka terus berlanjut. Sekarang dia kami jerat pasal berlapis," kata Alamsyah saat dimintai konfirmasi, Rabu (16/9/2020).

Meyudin dijerat dengan Pasal 351, 340, dan Pasal 355 KUHP. Dalam Pasal 340 KUHP telah disebutkan pembunuhan berencana dan Pasal 355 KUHP disebut penganiayaan berat yang direncanakan lebih dulu.

"Jadi pasal-pasal itulah yang nanti akan kami terapkan. Untuk sanksi bisa saja hukuman maksimal pidana mati atau seumur hidup," kata Alamsyah.

Alamsyah kemudian menjelaskan alasan tersangka dijerat Pasal 340 dan 355 KUHP. Pelaku, katanya, diduga merasa tersinggung karena kunci kotak amal diminta korban seusai salat Jumat.

"Ada tenggang waktu, dari dia tersinggung dengan kejadian. Ini yang masih terus kita dalami, kan dia tersinggung karena kunci, lalu timbul niat dan terjadi saat mereka itu sama-sama salat Magrib," katanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2