Pejuang Masa Kini di Sekitar Kita: Padamkan Api hingga Bersihkan Jalan

Danu Damarjati - detikNews
Senin, 17 Agu 2020 14:26 WIB
Ribuan bendera Merah Putih dipasang di kawasan objek wisata Poetoek Suko, Trawas, Mojokerto. Pengibaran ribuan bendera itu dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-75
Gambar ilustrasi (Zabur Karuru/Antara Foto)
Jakarta -

Orang-orang ini memang tidak berperang angkat senjata melawan penjajah, tapi orang-orang ini juga pejuang. Mereka ada di sekitar kita dan berjasa untuk hidup warga.

Para pejuang masa kini dihadirkan lewat telekonferensi oleh detikcom di segmen 'Senyum untuk Kamu Spesial' dalam acara 'Semangat Satu Indonesia', Senin (17/8/2020), bertepatan dengan HUT ke-75 Kemerdekaan RI.

Di antara deretan pejuang masa kini, ada petugas pemadam kebakaran (damkar) dari Suku Dinas Damkar DKI Jakarta Utara, yakni Noviandri Hermawan (Andri), Fikri Noval, dan Ronald P Pasaribu. Tanpa mereka, entah apa jadinya kota ini. Mereka adalah pejuang kebakaran. Sebenarnya tugas mereka bukan hanya memadamkan api kebakaran saja.

"Selain memadamkan api kebakaran, kami memiliki tugas penyelamatan kepada manusia dan hewan yang bersifat emergency. Bukan hanya kebakaran saja," kata Fikri.

Di acara yang dipandu penyanyi Armand Maulana dan Dewi Gita ini, Ronal menjelaskan ada tantangan tersendiri dalam bekerja di masa pandemi COVID-19. Mereka harus senantiasa mengenakan alat pelindung diri (APD) yang berbeda. Namun ini harus dipatuhi, soalnya tempat tugas mereka tidak selalu terjamin aman dari COVID-19.

"Kami tidak menganalisa apakah itu terpapar COVID-19 atau tidak, maka kami memproteksi diri," kata Ronal.

Selain itu, damkar mendapat tugas tambahan di masa pandemi. Setiap hari, mereka harus menyemprot disinfektan di 46 titik di 8 kecamatan. "Tambah amal," kata Ronal.

Ilustrasi Pemadam KebakaranIlustrasi Pemadam Kebakaran (Edi Wahyono/detikcom)

Selanjutnya
Halaman
1 2