Budiman Sudjatmiko: Ketum PRD, Dipenjara, Masuk PDIP Jadi Anggota DPR

Demonstran Jadi Elite?

Budiman Sudjatmiko: Ketum PRD, Dipenjara, Masuk PDIP Jadi Anggota DPR

Danu Damarjati - detikNews
Minggu, 29 Sep 2019 16:49 WIB
Budiman Sudjatmiko (Agung Pambudhy/detikcom)
Budiman Sudjatmiko (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Pada tahun '90-an, Budiman Sudjatmiko dikenal sebagai aktivis pergerakan yang lantang menentang Orde Baru. Bahkan dia dibui. Aksi demonstrasi mahasiswa sepekan terakhir ini membawa ingatan warganet ke era itu.

Beredar foto, Budiman muda yang berkacamata sedang berorasi. Dia dulu memang aktivis dari Partai Rakyat Demokratik (PRD). Peristiwa Kudatuli (27 Juli 1996) mengakibatkannya dipenjara oleh pemerintah Orde Baru dan divonis 13 tahun penjara, namun Budiman hanya menjalani hukuman selama 3,5 tahun setelah diberi amnesti oleh Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) pada 10 Desember 1999.



Pria ini lahir di Cilacap pada 10 Maret 1970. Budiman muda, bahkan sejak dia bersekolah di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta, memang sudah mengakrabi ide pergerakan. Setidaknya begitulah yang tergambar dalam buku karyanya, 'Anak-anak Revolusi'. Di Kota Pelajar, dia mengaku belajar pemikiran Ikhwanul Muslimin hingga Marxisme. Dia pernah seharian diinterogasi aparat di Bogor saat usianya baru 18 tahun.

Dia menjadi mahasiswa Fakultas Ekonomi UGM mulai tahun 1989, namun tak selesai karena waktunya tersita untuk menggalang protes (dia menyebutnya pengorganisasian rakyat) di desa, di kalangan petani, dan buruh perkebunan di sekitar Jawa Tengah dan Jawa Timur.



Desa pertama yang menjadi lokasi aktivismenya adalah di Lomanis, Cilacap. Di situ sedang ada rencana pembangunan pabrik plastik yang menggusur warga. "Aku membulatkan tekad untuk melakukan pengorganisiran rakyat. Agar tidak bentrok dengan jadwal kuliah, kegiatan ini kurencanakan setiap akhir pekan, hari Jumat sampai dengan hari Minggu," tulisnya dalam buku itu. Puncaknya, Budiman dkk membawa para petani itu untuk demo ke Departemen Dalam Negeri, Jakarta. Dia mengaku demo itulah yang pertama kali dia rancang.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3