detikNews
2019/07/19 23:49:13 WIB

Round-Up

Jalan Buntu Kebebasan Kivlan

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Jalan Buntu Kebebasan Kivlan Kivlan Zen (Foto: Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Upaya Kivlan Zen agar penahanannya ditangguhkan menemui jalan buntu. Pemerintah menolak intervensi terhadap proses hukum yang sedang berjalan.

"Sudah dari awal kita katakan bahwa penangguhan penahanan tidak diberikan karena sudah masuk dalam proses yang terus berlanjut. Tapi proses hukum terus dilanjutkan. Jadi kalau ada isu bahwa sementara ada penangguhan penahanan, penghentian proses hukum, saya kira nggak benar," kata Menko Polhukam Wiranto di kantornya seusai rapat koordinasi bersama menteri-menteri, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Jumat (19/7/2019).

"Hukum tetap hukum, hukum punya wilayah sendiri, hukum punya aturan dan UU sendiri, hukum tetap jalan," sambungnya.


Sebelumnya, polisi memutuskan tak mengabulkan permohonan penangguhan penahanan Kivlan. Polisi beralasan Kivlan tidak koperatif dalam penyidikan kasus senjata api.

"Sampai hari ini belum ada informasi untuk dikabulkan karena pertimbangan penyidik masih tetap seperti yang pernah saya sampaikan dulu karena yang bersangkutan tidak kooperatif dalam pemeriksaan," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (2/7).

Dedi mengatakan penyidik Polda Metro Jaya masih melakukan pemberkasan kasus senjata api. Sementara penyidikan kasus makar dan hoax yang juga menjerat Kivlan baru akan dilakukan setelah ada hasil sidang putusan kasus senjata api.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com