Perusahaan Pengolahan Udang di Situbondo Ekspor Produk Senilai 1 Juta USD

Ghazali Dasuqi - detikNews
Sabtu, 05 Des 2020 11:35 WIB
ekspor perusahaan pengolahan udang di situbondo
Perusahaan pengolahan udang di Situbondo ekspor senilai 1 juta USD (Foto: Istimewa)
Situbondo -

Pandemi COVID-19 yang melanda dunia dan mempengaruhi ekonomi secara global, tak membuat semua perusahaan eksportir ambruk. Sebaliknya, sebagian perusahaan justru bisa mengambil hikmahnya. Sehingga, dapat mengalami peningkatan produksi dan kenaikan ekspor di masa pandemi.

Salah satunya, PT Panca Mitra Multi Perdana (PMMP) Situbondo. Tak heran, perusahaan pengolahan udang di Kecamatan Kapongan itu menjadi satu dari 133 eksportir, yang ditunjuk mengikuti acara pelepasan ekspor produk Indonesia ke pasar global. Acara pelepasan ini dipimpin langsung Presiden RI Jokowi dari Istana Bogor.

"Acara pelepasan dilakukan bapak Presiden secara virtual kemarin (4/12) siang. Kami bersyukur PT PMMP menjadi satu dari 133 eksportir asal 16 Propinsi yang mengikuti pelepasan ini," kata Manajer HRD dan General Affair PT PMMP, Eko Kridarso kepada detikcom, Sabtu (5/12/2020).

Menurut Eko, ada 6 kontainer produk PT PMMP Situbondo yang disertakan dalam acara pelepasan ekspor, dengan nilai sekitar 1 juta USD. Selama ini, papar dia, perusahaannya memang rata-rata telah melakukan ekspor sebanyak 100 hingga 120 kontainer per bulan. Mayoritas pangsa pasarnya antara lain, 70% Amerika, 25% Jepang, dan 5% Eropa dan Asia yang lain.

"Kinerja tahun ini rata-rata memang cukup baik. Kebetulan bulan ini, kami juga melakukan IPO atau go publik. Sehingga sebentar lagi akan berstatus perusahaan Tbk. Dengan target 170-180 juta US tahun ini. Diharapkan tahun depan bisa 200 juta US," beber Eko Kridarso.

Eko memaparkan, selama ini perusahaannya memproduksi bermacam-macam produk berbahan dasar udang. Antara lain, frozen raw shrimp, frozen cook shrimp, value added sushi ebi, nobashi, breaded shrimp/udang tepung, shrimp ring, skewer, dan sebagainya. Perusahaan berdiri di atas lahan seluas hampir 17 hektare dengan 5 plant integrated.

Selanjutnya
Halaman
1 2