Kasihan, Siswa SD Jombang Belajar Daring di Makam Karena Susah Sinyal

Enggran Eko Budianto - detikNews
Senin, 10 Agu 2020 14:28 WIB
Siswa SDN Sumberaji 2, Kecamatan Kabuh  terkendala sinyal internet dalam belajar daring. Sebagian siswa belajar di makam agar mendapat sinyal internet.
Siswa SDN Sumberaji 2 Jombang belajar daring di makam/Foto: Enggran Eko Budianto
Jombang -

Siswa SDN Sumberaji 2, Kecamatan Kabuh susah sinyal internet dalam belajar daring. Sebagian siswa belajar di makam agar mendapat sinyal internet.

Belajar daring di tempat pemakaman umum Dusun Ngapus, Desa Sumberaji sudah menjadi rutinitas sejumlah siswa SDN Sumberaji 2, sejak sekitar 4 bulan yang lalu. Atau sejak virus Corona mewabah, sehingga sekolah menerapkan pembelajaran jarak jauh (PJJ) untuk mencegah penyebaran virus tersebut.

Seperti yang dilakukan Salsa Nur Azizah, warga Dusun Ngapus, yang kini duduk di bangku kelas 6 SDN Sumberaji 2. Bersama lima teman satu kampungnya, setiap pagi dia harus berjalan kaki menuju makam Dusun Ngapus. Jaraknya sekitar 300 meter dari tempat tinggal mereka.

Siswa SDN Sumberaji 2, Kecamatan Kabuh  terkendala sinyal internet dalam belajar daring. Sebagian siswa belajar di makam agar mendapat sinyal internet.Siswa SDN Sumberaji 2 Jombang belajar daring di makam/ Foto: Enggran Eko Budianto

Makam Dusun Ngapus terletak di bukit yang lumayan tinggi. Sehingga sinyal internet masih bisa terjangkau. Namun, jalan menuju ke lokasi berupa tanah dan batu yang lumayan terjal.

Sebenarnya jalan menuju ke makam Dusun Ngapus masih bisa diakses menggunakan sepeda motor. Salsa dan teman satu kelasnya di SDN Sumberaji 2, setiap hari berjalan kaki ke makam karena tidak diantar oleh orang tua mereka.

"Kami belajar daring di kuburan karena di rumah tidak ada sinyal internet," kata Salsa kepada wartawan, Senin (10/8/2020).

Selanjutnya
Halaman
1 2 3