Jelang 40 Hari Mangkunegara IX Mangkat, Penerus Takhta Sudah Ditentukan?

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Kamis, 16 Sep 2021 15:55 WIB
Kedua putra Mangkunegara IX, yakni GPH Paundrakarna Jiwa Suryanegara dan GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo sempat berfoto bersama di pusara sang ayah.
Kedua putra Mangkunegara IX, yakni GPH Paundrakarna Jiwa Suryanegara dan GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo sempat berfoto bersama di pusara sang ayah. (Foto: Andika Tarmy/detikcom)
Solo -

Selepas mangkatnya penguasa Pura Mangkunegaran, KGPAA Mangkunegara IX, sosok penerus takhta masih belum terungkap. Akankah sosok Mangkunegara X ditentukan setelah peringatan 40 hari?

Seperti diketahui, Mangkunegara IX wafat pada 13 Agustus 2021. Peringatan 40 hari wafatnya Mangkunegara IX dijadwalkan akan digelar Senin (20/9).

Ketua Himpunan Kerabat Mangkunegaran (HKMN), Satyotomo, mengatakan hingga saat ini penerus takhta Pura Mangkunegaran masih belum ditentukan. Dia mengaku belum bisa memastikan kapan nama penerus akan diumumkan.

"Masih belum (ditentukan), peringatan 40 hari saja masih belum," kata Satyotomo saat dihubungi detikcom, Kamis (16/9/2021).

Menurutnya, saat ini pembicaraan masih sebatas dari keluarga inti. Selain itu, Mangkunegaran juga tetap akan meminta pertimbangan dari Keraton Kasunanan Surakarta.

GPH Paundrakarna Jiwa Suryanegara dan GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo hadiri pemakaman KGPAA Mangkunegara IX. Keduanya pun sempat foto bersama di pusara sang ayah.GPH Paundrakarna Jiwa Suryanegara dan GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo hadiri pemakaman KGPAA Mangkunegara IX. Keduanya pun sempat foto bersama di pusara sang ayah di Astana Girilayu, Karanganyar, Jawa Tengah, Minggu (15/8/2021). (Foto: Andika Tarmy/detikcom)

"Pembicaraan baru dari keluarga inti. Saya belum bisa berkomentar apa-apa. Selain itu, kita tetap meminta pertimbangan Keraton Kasunanan Surakarta, karena bagaimanapun hubungan kami erat," ujar dia.

Satyotomo menjelaskan bahwa penentuan sosok penerus Mangkunegaran di era saat ini berbeda dengan kondisi masa lalu.

"Sekarang ini kan bukan sesuatu yang sangat urgen, tidak harus segera. Sekarang kan Mangkunegaran hanya menjalankan fungsi budaya saja," kata dia.

Sementara itu, Plt Pengageng Kabupaten Mondropuro Pura Mangkunegaran Solo Supriyanto Waluyo mengatakan peringatan 40 hari wafatnya Mangkunegara IX akan dilakukan dengan menggelar tahlilan.

Lihat juga video 'Mangkunegara IX Dimakamkan di Sebelah Pusara MN VIII':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman berikutnya...