Terungkap! Ternyata Ini Sumber Bau Busuk yang Ganggu Warga di Klaten

Achmad Syauqi - detikNews
Jumat, 13 Agu 2021 15:46 WIB
Drum bekas kemasan zat kimia yang menimbulkan bau busuk di Klaten, Jumat (13/8/2021).
Drum bekas kemasan zat kimia yang menimbulkan bau busuk di Klaten, Jumat (13/8/2021). (Foto: Achmad Syauqi/detikcom)
Klaten -

Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Klaten turun tangan menyelidiki bau busuk zat kimia yang tercium di tiga wilayah Kecamatan di Klaten. Dinas menyatakan sumber bau menyengat itu masuk kategori limbah kemasan bahan beracun dan berbahaya (B3).

"Itu asalnya dari drum limbah kemasan B3. Berasal dari drum sisa kemasan zat kimia industri, bukan organik," ungkap Kabid Pengendalian Dampak Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Pemkab Klaten, Dwi Maryono, pada detikcom, Jumat (13/8/2021).

Dwi menjelaskan, setelah ada informasi bau busuk tersebut, timnya mengecek ke lokasi sejak Kamis (12/8) siang. Saat tim datang, ternyata drum-drum itu sudah tidak ada.

"Drum sudah dikembalikan, tapi masih ada sampelnya. Jumlah drum awalnya 550 buah tapi itu drum bekas yang mau dicor," sambung Dwi.

Dari penyelidikan sementara, papar Dwi, isi drum tersebut adalah zat kimia cair untuk industri minyak dan gas. Zat itu untuk membuat aroma pada produk minyak atau gas.

"Gas dan minyak itu kan sebenarnya tidak berbau. Agar ada aroma maka dicampurkan cairan zat kimia cair tersebut, ini barang impor," sambung Dwi.

Aroma pada produk gas dan minyak itu, imbuh Dwi, dibutuhkan untuk membedakan jenis atau sebagai pengaman. Seperti misalnya pada gas, jika ada kebocoran bisa terdeteksi dengan adanya aroma tersebut.

"Dengan dicampur zat kimia tersebut, saat ada kebocoran gas bisa diketahui dan diantisipasi. Zat tersebut mudah meledak, bahkan pada suhu 35 derajat," sebut Dwi.

Saat ditanya apakah zat itu jenis merkaptan (CH3SH) yang biasa untuk campuran gas, Dwi membenarkan. Zat yang larut dalam air itu berbahaya.

"Iya betul (merkaptan). Iya beracun dan mudah terbakar," imbuh Dwi.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya...

Saksikan juga 'Wujud Air Sumur Warga yang Menghitam-Bau Usai Banjir di Kudus Surut':

[Gambas:Video 20detik]