Divonis Hari Ini, Begini Perjalanan Kasus Raja-Ratu Keraton Agung Sejagat

Rinto Heksantoro, Ristu Hanafi - detikNews
Senin, 14 Sep 2020 10:49 WIB
Keraton Agung Sejagat
Ilustrasi Keraton Agung Sejagat. (Ilustrator: Edi Wahyono)

10 Februari 2020

Polda Jawa Tengah melimpahkan berkas perkara atau berita acara pemeriksaan (BAP) Keraton Agung Sejagat ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Tengah. Saat ini jaksa tengah meneliti kelengkapan berkas tersangka 'Raja' Toto Santoso dan 'Ratu' Fanni Aminadia.

"Dua berkas diterima jaksa tanggal 5 Februari 2020 lalu. Saat ini berkas sedang diteliti jaksa," kata Asisten Pidana Umum (Aspidum) Kejati Jawa Tengah, Joko Purwanto, ditemui di kantornya, Jalan Pahlawan, Semarang, Senin (10/2/2020).

5 Mei 2020

Kasus Keraton Agung Sejagat Purworejo, Jawa Tengah hari ini disidangkan secara online. Dua terdakwa yakni raja dan ratu Keraton Agung Sejagat, Toto Santoso dan Fanni Aminadia, menjalani sidang dari Rutan Purworejo.

Sidang kasus Keraton Agung Sejagat ini digelar secara online di tiga tempat yang berbeda, Selasa (5/5/2020) sore. Sidang sengaja digelar secara online berdasarkan peraturan Mahkamah Agung RI untuk mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19).

Hakim Sutarno memimpin sidang dari ruang sidang Pengadilan Negeri Purworejo, kemudian terdakwa raja Toto dan ratu Fanni berada di Rutan Purworejo. Sedangkan jaksa penuntut umum (JPU) bersama para saksi berada di Aula Kasman Singodimejo Kejaksaan Negeri Purworejo. Sidang dilakukan dengan video conference dari masing-masing ruangan.

Sidang tersebut digelar dengan menghadirkan tujuh orang saksi dari Pemdes Pogungjurutengah, camat, kesbangpol serta warga.

"Hari ini agendanya adalah pemeriksaan para saksi. Dari 7 saksi yang hadir ada 4 saksi yang dimintai keterangan," kata JPU Masruri Abdul Aziz ketika ditemui usai sidang.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5 6