Menunggu Vonis Raja-Ratu Keraton Agung Sejagat yang Dijatuhkan Hari Ini

Rinto Heksantoro - detikNews
Senin, 14 Sep 2020 09:33 WIB
Kerajaan Halu Keraton Agung Sejagat
(Foto: konten infografis)
Purworejo -

Sidang vonis Raja dan Ratu Keraton Agung Sejagat, Toto Santosa (42) dan Fanni Aminadia (41) yang sedianya digelar pada Jumat (11/9) sore akhirnya ditunda. Sesuai jadwal terbaru, sidang akan kembali dilaksanakan hari ini.

"Sidang vonis dijadwalkan hari ini, sementara pukul 13.00 WIB," kata humas Pengadilan Negeri (PN) Purworejo Samsumar Hidayat ketika dihubungi detikcom, Senin (14/9/2020) pagi.

Sidang vonis kasus Keraton Agung Sejagat akan digelar secara online di tiga tempat yang berbeda dengan video conference dari masing-masing ruangan. Sidang sengaja digelar secara online berdasarkan peraturan Mahkamah Agung RI untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Selaku hakim ketua, Sutarno memimpin sidang dari ruang sidang PN Purworejo, pihak terdakwa Toto Santoso dan Fanni Aminadia berada di rutan Purworejo, sedangkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) bersama penasehat hukum terdakwa berada di Aula Kasman Singodimejo Kejaksaan Negeri Purworejo.

Diberitakan sebelumnya, penundaan sidang pada Jumat (11/9) lalu dikarenakan hakim belum siap dengan pembacaan putusan. Mengingat sidang vonis ini digelar empat hari seusai pembacaan nota pembelaan (pleidoi).

"Dengan segala kerendahan hati ternyata kami sudah berusaha dalam waktu 4 hari kami belum siap dengan putusannya," terang Sutarno sebelum akhirnya menunda sidang, Jumat (11/9).

Toto dituntut lima tahun bui, sedangkan Fanni 3,5 tahun penjara. Keduanya didakwa pelanggaran Pasal 14 ayat 1 UU No 1 Tahun 1946 tentang peraturan hukum pidana juncto Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP dan Pasal 14 ayat 2 UU No 1 tahun 1946 tentang peraturan hukum pidana juncto pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP. Sedangkan untuk dakwaan kedua yakni pasal 378 KUHP juncto pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP.

Kasus yang mencuat di awal tahun itu sempat membuat geger karena keduanya diduga melakukan penipuan berkedok Keraton Agung Sejagat. Bahkan, setiap hari ribuan warga dari Purworejo dan luar kota mendatangi bangunan keraton yang berada di Dusun Pogung, Desa Juru Tengah, Kecamatan Bayan itu untuk melihat secara langsung.

Tonton video 'Membuka Selubung Keraton Agung Sejagat':

[Gambas:Video 20detik]



(mbr/mbr)