Pelaku Bakar Diri dan Toko Roti Trubus Yogya Ternyata Sudah Dipecat

Pradito Rida Pertana - detikNews
Minggu, 13 Sep 2020 14:30 WIB
Toko Roti Trubus Jogja yang dibakar karyawan, Sabtu (12/9/2020).
Foto: Toko Roti Trubus Jogja yang dibakar karyawan, Sabtu (12/9/2020).(Jauh Hari Wawan S/detikcom)
Yogyakarta -

Polisi menyebut IY, pelaku bakar diri di dalam Toko Roti Trubus Yogya, memiliki masalah internal dengan pemilik toko. Masalah itu diduga terkait dengan pemberhentian IY sehari sebelum peristiwa itu terjadi.

"Sehari sebelum kejadian, yang bersangkutan itu kan diberhentikan kerja, karena ada pembukuan keuangan yang tidak pas. Nah besoknya pas hari kejadian itu, terjadi kebakaran kan," kata Kasat Reskrim Polresta Yogyakarta, AKP Riko Sanjaya saat dihubungi wartawan, Minggu (13/9/2020).

Riko menerangkan IY resmi bukan berstatus sebagai karyawan Toko Roti Trubus lagi saat peristiwa bakar diri di dalam toko itu terjadi.

"Iya (bukan berstatus karyawan toko Trubus saat membakar) karena sehari sebelumnya, info dari saksi-saksi dia (Indra) sudah diberhentikan," ujarnya.

Dari keterangan para saksi juga menguatkan pria yang berada dalam rekaman CCTV melakukan bakar diri merupakan IY. Detik-detik IY mengguyurkan bahan bakar dari jiriken itu juga terekam di CCTV.

"Dari keterangan saksi, kemudian ada petunjuk dari CCTV, di situ diperlihatkan ke saksi-saksi yang lain. Ini siapa yang mengguyurkan jeriken yang diduga ada bensinnya itu," ucapnya

"Dari keterangan beberapa saksi, itu yang di CCTV itu orang yang membakar juga (Indra)," sambung Riko.

Peristiwa kebakaran Toko Roti Trubus di Jl Poncowinatan, Kecamatan Jetis, Yogyakarta itu terjadi pada Sabtu (12/9) pagi. Satu orang ditemukan tewas terpanggang di dalam area toko.

Belakangan diketahui korban tewas terpanggang merupakan IY, yang sudah menjadi mantan karyawan Toko Roti Trubus Yogya. Sebelum aksi bakar diri dan toko roti itu, IY diketahui sempat ingin menemui pemilik toko Setiawan Rudi (38).

(ams/ams)