Divonis Hari Ini, Begini Perjalanan Kasus Raja-Ratu Keraton Agung Sejagat

Rinto Heksantoro, Ristu Hanafi - detikNews
Senin, 14 Sep 2020 10:49 WIB
Keraton Agung Sejagat
Ilustrasi Keraton Agung Sejagat. (Ilustrator: Edi Wahyono)

Polisi menelisik aliran dana senilai Rp 1,3 miliar ke rekening Raja Keraton Agung Sejagat Toto Santoso. Ternyata duit itu berasal dari akumulasi saldo pada 10 buku tabungan yang disita.

Polda Jateng menyebut duit miliaran itu berasal dari 10 buku tabungan milik Toto. Duit itu merupakan dana yang terkumpul dari 2018-2019 mengingat Toto kerap berganti-ganti nama untuk mencari dana.

Polisi menjelaskan dana itu berasal dari iuran para anggota Toto. Raja Toto diketahui pernah membuat Yogyakarta Development Committee (DEC) dan lembaga lain pada 2018-2019 untuk mencari untung.

Polda Jateng menjelaskan iuran para anggota Toto bervariasi. Di antara pengikut Raja Toto itu bahkan ada yang menyetor hingga ratusan juta rupiah.

Duit itu pun diduga sudah habis digunakan untuk memenuhi kebutuhan 'Raja' dan 'Ratu' Keraton Agung Sejagat. Khususnya untuk pembangunan bangunan keraton, seragam, topi, keris hingga lambang-lambang kartu identitas.

Dari pemeriksaan Toto dan Fanni Aminadia, diketahui kegiatan Keraton Agung Sejagat untuk mencari keuntungan semata. Polisi juga mengungkap, Toto dan Fanny juga berharap nantinya dengan aksi ini bisa mendapat bantuan dana dari luar negeri, misalnya Bank Swiss hingga Perdana Menteri Inggris.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5 6