Jabar Hari Ini: Kades Mirip Jokowi-Siswi SMP Dibunuh

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 22 Jan 2021 21:09 WIB
Kepala desa di Kuningan punya wajah mirip Jokowi
Kades di Kuningan, Nana Mulyana (47), menjadi perbincangan publik lantaran wajahnya mirip Presiden Jokowi. (Foto: Bima Bagaskara/detikcom)
Bandung -

Aneka kejadian berlangsung di Jabar hari ini, Jumat (22/1/2021). Mulai kabar soal Saung Angklung Udjo yang terancam tutup hingga kasus pembunuhan siswi SMP di Karawang.

Berikut ragam berita di Jabar hari ini:

Saung Angklung Udjo Terancam Gulung Tikar

Saung Angklung Udjo (SAU) babak belur dihantam pandemi COVID-19. Sejak didirikan tahun 1966 oleh Udjo Ngalagena dan istrinya, Uum Sumiati, tempat pertunjukan dan pelestarian alat musik angklung ini kini terancam gulung tikar.

Dirut SAU Taufik Hidayat mengatakan sejak virus Corona merebak 10 bulan yang lalu kegiatan seni pertunjukan turut dibatasi. Hal itu berdampak pada jumlah kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

"Ya kan sudah umum, karena COVID-19. Maksudnya pengunjung sulit, karena regulasi pemerintah dan banyak faktor, ya saya maklum," ucap Taufik saat dihubungi detikcom.

"Pemerintah melarang banyak berkumpul, sedangkan aktivitas kita basic-nya berkumpul, virtual ada tapi tidak cukup signifikan hasilnya," katanya melanjutkan.

Ia menyebut, sejak pandemi COVID-19 melanda, pihak pengelola sangat terseok-seok untuk menjalankan bisnis Saung Angklung Udjo. "Sekarang-sekarang ini lebih parah," ucapnya.

Sebelum pandemi COVID-19, SAU merupakan sanggar sekaligus laboratorium instrumen musik dari bambu yang menyenangkan. Lewat permainan musik kolaboratif yang ditampilkan, SAU pernah memukau sejumlah tokoh nasional, bahkan selebritis dunia.

Salah satunya pebalap Moto GP Marc Marquez yang pernah dibuat terpukau oleh penampil dari SAU. Kala itu, pria asal Spanyol itu turut serta dalam upaya mengenalkan angklung sebagai warisan budaya dunia yang telah diakui oleh UNESCO pada 10 Februari 2019.

Menariknya, pada saat membawakan lagu Despacito, vokalis Arumba menarik Marquez untuk berdiri dan ikut bernyanyi bersama. Di luar dugaan, Marquez tampak aktif bernyanyi juga bergoyang bersama-sama. Pengunjung yang melihat Marquez bergoyang pun sontak terkejut dan berlomba mengabadikan momen langka tersebut.

Acara kemudian dilanjutkan dengan bersama-sama menyanyikan lagu Rasa Sayange. Panitia juga mengajak beberapa orang untuk menari bersama ke tengah stage. Marquez juga sempat mengungkapkan rasa senangnya dengan berbagai pertunjukan yang disuguhkan SAU.

Bahkan SAU pun pernah membuat pertunjukan kolaborasi dengan Shirley Temple-nya Indonesia, Sherina Munaf.

Jauh - jauh hari sebelum Marc Marquez menyambangi Saung Angklung Udjo, delegasi negara peserta Konferensi Asia - Afrika (KAA) 1955 di Bandung pernah dipukau oleh permainan angklung yang dimainkan oleh Udjo dan gurunya Daeng Soetigna. Pada momen bersejarah itu,para pemimpin negara-negara di Asia dan Afrika dibuat kompak lewat alunan musik angklung.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5