Jabar Hari Ini: Pria Rusak Masjid-Hujan Es Terjang Sejumlah Daerah

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 23 Sep 2020 20:22 WIB
Sebuah masjid di Bandung dilempar seorang priapria hingga mengakibatkan kaca pecah. Pria yang diketahui berinisial DB itu tiba-tiba datang dan melakukan pelemparan.
Perusakan masjid di Bandung (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom).

Hujan Es Terjang Sejumlah Daerah di Jabar

Sejumlah daerah di Jawa Barat diterjang hujan es, Rabu (23/9/2020). Butiran es yang jatuh itu rata-rata sebesar kelereng.

Hujan es yang turun pertama terjadi di Kota Cimahi. Sejumlah warga menyaksikan langsung fenomena alam tersebut.

Berdasarkan pantauan di Alun-alun Cimahi, hantaman butiran es pada atap-atap bangunan serta pada kap kendaraan yang terparkir menimbulkan suara yang cukup kencang.

Sebagian warga dan pengendara yang tengah berteduh di sekitaran Alun-alun Cimahi buru-buru mengabadikan fenomena hujan es tersebut.

Kemudian hujan es juga terjadi di Kota dan Kabupaten Bogor. Ada tujuh kecamatan yang dilanda hujan es di dua daerah tersebut.

Hujan deras disertai es dan angin kencang menerjang tujuh kecamtan di Kota dan Kabupaten Bogor. Kejadian alam itu terjadi selama kurang lebih 15 menit.

"Kejadian tadi sekitar jam 17:00 WIB, ukurannya lumayan kaya biji kamper. Berlangsung selama sekutar 20 menit," kata Damanhuri, warga Cibadak, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor saat dikonfirmasi.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas I Bandung Tony Agus Wijaya mengungkapkan fenomena cuaca ekstrem pada musim pancaroba sangat lumrah terjadi.

"Saat ini di masa pancaroba atau masa peralihan dari musim kemarau ke musim hujan meningkatkan potensi terbentuknya awan cumulonimbus atau awan gelap berlapis yang menyebabkan terjadi cuaca ekstrem contohnya hujan lebat dan hujan es," ungkap Tony saat dihubungi detikcom.

Tony menjelaskan jika hujan es terjadi karena puncak awan yang melebihi batas ketinggian lapisan beku di udara pada ketinggian lebih dari 5 kilometer.

"Jadi sebetulnya ini fenomena biasa yang terjadi. Tapi kami imbau warga berhati-hati saat melintas ketika hujan deras dan hujan es terjadi," katanya.

Halaman

(yum/mso)