5 Berita Terpopuler Internasional Hari Ini

ADVERTISEMENT

5 Berita Terpopuler Internasional Hari Ini

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 07 Des 2022 17:42 WIB
KUALA LUMPUR, MALAYSIA - MARCH 01: Muhyiddin Yassin, Malaysias newly appointed Prime Minister waves to the media outside his house with his family and supporters before departing for the swearing in ceremony at the palace on March 1, 2020 in Kuala Lumpur, Malaysia. (Photo by Ore Huiying/Getty Images)
Muhyiddin Yassin (Foto: Getty Images/Ore Huiying)
Jakarta -

Komisi Antikorupsi Malaysia (MACC) telah memulai penyelidikan atas dugaan penyalahgunaan dana sebesar 600 miliar ringgit (sekitar Rp 2.121 triliun) oleh pemerintah sebelumnya.

Ketua Komisioner MACC Azam Baki, saat dihubungi oleh kantor berita resmi Malaysia, Bernama, membenarkan hal tersebut namun menolak untuk mengungkapkan rincian lebih lanjut tentang penyelidikan yang dilakukan oleh badan tersebut.

"Ya, MACC telah membuka berkas penyelidikan atas masalah tersebut (dana 600 miliar ringgit)," ujarnya singkat, seperti dilansir media Malaysia, Bernama dan The Star, Rabu (7/12/2022).

Kontroversi penggunaan dana darurat senilai lebih dari 600 miliar ringgit ketika negara itu menghadapi pandemi COVID-19 tersebut, pertama kali diangkat oleh mantan menteri utama Melaka Adly Zahari pada 15 November.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Rabu (7/12/2022):

- AS Jual Suku Cadang Pesawat Rp 6 T untuk Genjot Angkatan Udara Taiwan

Pemerintah Amerika Serikat (AS) menyetujui potensi penjualan suku cadang pesawat senilai US$ 428 juta (Rp 6,6 triliun) untuk Taiwan. Penjualan suku cadang itu dimaksudkan untuk membantu Angkatan Udara Taiwan yang tertekan karena berulang kali mencegat jet-jet tempur China yang mengudara ke dekat wilayah Taipei.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (7/12/2022), Angkatan Udara Taiwan diperlengkapi dengan baik, namun telah menua dan kalah jumlah jika dibandingkan dengan armada Angkatan Udara China. Persetujuan penjualan suku cadang pesawat ke Taiwan itu diberikan oleh Departemen Luar Negeri AS.

Beijing memandang Taipei yang memiliki pemerintahan demokratis sendiri sebagai bagian dari wilayah kedaulatannya. Selama tiga tahun terakhir atau lebih, China mengerahkan jet-jet tempur dan pesawat militernya ke dekat wilayah Taiwan.

Sejak awal Agustus lalu saat China menggelar latihan perang di sekitar wilayah Taiwan usai kunjungan kontroversial Ketua DPR AS Nancy Pelosi, Angkatan Udara China juga secara rutin mengerahkan pesawat tempur hingga melintasi garis median di Selat Taiwan -- yang menjadi perbatasan tidak resmi kedua negara.

- Putin Gelar Rapat Usai Serangan Drone Hantam Pangkalan Udara Rusia

Presiden Rusia Vladimir Putin menggelar rapat dengan jajaran pejabat tinggi Moskow untuk membahas keamanan domestik usai sejumlah pangkalan udara negara itu dihantam serangan drone, yang diduga dilancarkan oleh Ukraina. Kremlin menyebut serangan drone itu membahayakan Rusia.

Seperti dilansir AFP, Rabu (7/12/2022), tiga pangkalan udara Rusia dihantam serangan drone dalam dua hari terakhir. Serangan terbaru terjadi pada Selasa (6/12) pagi waktu setempat, dengan otoritas Rusia menyatakan serangan drone menghantam lokasi dekat pangkalan udara Kursk yang berbatasan dengan Ukraina.

Dua serangan drone lainnya menghantam dua pangkalan udara di Ryazan dan Engels pada Senin (5/12) waktu setempat. Kedua serangan itu tergolong sangat tidak biasa karena dua pangkalan udara itu berjarak ratusan kilometer dari perbatasan Ukraina.

- Satu Lagi Pangkalan Udara Rusia Dihantam Serangan Drone!

Satu lagi pangkalan udara Rusia dihantam serangan drone yang memicu kebakaran. Ini berarti sudah tiga pangkalan udara Rusia yang dihantam serangan drone dalam beberapa hari terakhir.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT