5 Berita Terpopuler Internasional Hari Ini

ADVERTISEMENT

5 Berita Terpopuler Internasional Hari Ini

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 29 Nov 2022 17:29 WIB
Lava pours out of the summit crater of Mauna Loa about 6:35 a.m. Monday, Nov. 28, 2022, as seen from Gilbert Kahele Recreation Area on Maunakea, Hawaii. Mauna Loa, the world’s largest active volcano,  began spewing ash and debris from its summit, prompting civil defense officials to warn residents on Monday to prepare in case the eruption causes lava to flow toward communities. (Chelsea Jensen/West Hawaii Today via AP)
erupsi gunung berapi aktif terbesar di dunia (Foto: (AP Photo/Chelsea Jensen))
Jakarta -

Gunung Mauna Loa, gunung berapi terbesar yang masih aktif di dunia mengalami erupsi untuk pertama kalinya dalam nyaris 40 tahun terakhir. Gunung yang ada di wilayah Hawaii ini memuntahkan lava dan abu panas pada Senin (28/11) waktu setempat.

Seperti dilansir AFP, Selasa (29/11/2022), aliran bebatuan yang melelah terlihat mengalir keluar dari mulut gunung, yang mengeluarkan kepulan uap dan asap. Erupsi ini memicu peringatan bahwa situasi bisa berubah dengan cepat.

Menurut Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), tekanan telah meningkat selama bertahun-tahun di Gunung Mauna Loa yang ada di Big Island, pulau utama di Hawaii. Laporan USGS menyebut erupsi itu bisa dilihat dari lokasi berjarak 72 kilometer jauhnya, tepatnya di kota Kona yang ada di pantai barat Big Island.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Selasa (29/11/2022):

- Tegang! China Usir Kapal Perang AS di Laut China Selatan

Militer China menyatakan telah mengusir sebuah kapal perang Amerika Serikat (AS) yang disebut 'secara ilegal menyusup' ke perairan dekat Kepulauan Spratly yang menjadi sengketa di Laut China Selatan. Beijing menegaskan penyusupan semacam itu melanggar kedaulatan wilayahnya.

"Tindakan militer AS secara serius telah melanggar kedaulatan dan keamanan China," tegas juru bicara Komando Zona Selatan pada Tentara Pembebasan Rakyat (PLA), Tian Junli, seperti dilansir Associated Press, Selasa (29/11/2022).

Kapal perang AS yang dipersoalkan China merupakan jenis kapal jelajah rudal yang bernama USS Chancellorsville. Kapal perang AS tersebut diketahui baru-baru ini berlayar melintasi perairan Selat Taiwan.

Belum ada tanggapan resmi dari militer AS terkait hal ini.

- Akhiri Gencatan Senjata, Taliban Pakistan Perintahkan Serangan!

Kelompok bersenjata Tehreek-e-Taliban Pakistan (TTP), juga dikenal sebagai Taliban Pakistan, telah mengumumkan berakhirnya gencatan senjata yang disepakati dengan pemerintah pada bulan Juni lalu. TTP pun mengeluarkan perintah kepada para anggotanya untuk melakukan serangan di seluruh negeri.

"Operasi militer sedang berlangsung terhadap mujahidin di berbagai wilayah, jadi sangat penting bagi Anda untuk melakukan serangan di mana pun Anda bisa di seluruh negeri," kata kelompok itu dalam sebuah pernyataan pada Senin (28/11) seperti dilansir Al-Jazeera, Selasa (29/11/2022).

Kelompok itu, yang secara ideologis bersekutu dengan Taliban Afghanistan, mengatakan pihaknya menghadapi peningkatan jumlah serangan oleh militer Pakistan, khususnya di distrik Lakki Marwat di provinsi Khyber Pakhtunkhwa, di barat laut Pakistan.

- Cerita Ngeri dari Meksiko: Mayat Terus Berdatangan-Orang Menghilang!

Krisis melanda kamar mayat di wilayah Meksiko bagian selatan yang dilanda banyak tindak kejahatan, dengan jenazah-jenazah tanpa nama terus berdatangan. Bahkan ribuan tulang manusia teronggok karena tidak berhasil diidentifikasi.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT