Cerita Ngeri dari Meksiko: Mayat Terus Berdatangan-Orang Menghilang!

ADVERTISEMENT

Cerita Ngeri dari Meksiko: Mayat Terus Berdatangan-Orang Menghilang!

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 29 Nov 2022 11:37 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi (dok.Detikcom)
Mexico City -

Krisis melanda kamar mayat di wilayah Meksiko bagian selatan yang dilanda banyak tindak kejahatan, dengan jenazah-jenazah tanpa nama terus berdatangan. Bahkan ribuan tulang manusia teronggok karena tidak berhasil diidentifikasi.

Seperti dilansir AFP, Selasa (29/11/2022), kamar mayat di Chilpancingo, negara bagian Guerrero, dipenuhi jasad manusia tanpa nama -- sama seperti wilayah-wilayah lainnya di Meksiko yang berjuang untuk memproses puluhan ribu jenazah tanpa nama.

"Mayat terus berdatangan dan orang-orang terus menghilang," tutur seorang pakar antropologi forensik di Mexico City, Nuvia Maestro (36).

Tugas seorang pakar forensik di wilayah tersebut cukup memprihatinkan, di mana mereka harus melakukan autopsi di ruangan yang gelap, tanpa jendela dan pendingin udara. Minimnya peralatan yang layak semakin mempersulit pekerjaan mereka.

Saat menjalankan tugasnya, Maestro menggunakan dua kompor listrik yang dibeli sendiri oleh dirinya dan koleganya, untuk merebus bagian tulang iga guna menghilangkan jaringan dan melakukan tes untuk mencari tahu usia jenazah yang diautopsinya.

"Anda bekerja dan bekerja dan Anda tidak menyelesaikannya!" ucap Maestro yang berusia 36 tahun ini.

Di kamar mayat Chilpancingo, dupa yang dibakar oleh para pegawai gagal menutup bau kematian -- atau mengusir lalat.

Catatan soal jenazah yang masuk ke kamar mayat itu masih ditulis tangan dan seorang pekerja layanan forensik setempat hanya mengangkat bahu ketika ditanya mengapa catatan itu tidak didigitalisasi untuk memfasilitasi pencarian keluarga korban hilang.

Seorang koordinator layanan forensik setempat, Alfonso Ramirez, bahwa pemeriksaan DNA saja 'bisa memakan waktu berbulan-bulan'.

Lihat juga video '1,3 Ton Kokain Ditemukan Mengapung di Samudera Pasifik':

[Gambas:Video 20detik]



Simak berita selengkapnya di halaman berikutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT