5 Berita Terpopuler Internasional Hari Ini

ADVERTISEMENT

5 Berita Terpopuler Internasional Hari Ini

Tim detikcom - detikNews
Senin, 21 Nov 2022 18:36 WIB
Pemilu Malaysia telah dimulai secara resmi hari ini. Mantan PM Mahathir Mohamad dan pemimpin oposisi Malaysia Anwar Ibrahim telah memberikan hak suaranya.
Anwar Ibrahim (Foto: AP Photo/Vincent Thian)
Jakarta -

Pemimpin koalisi Pakatan Harapan, Anwar Ibrahim, menegaskan dirinya mendapatkan dukungan yang cukup untuk membentuk pemerintahan baru Malaysia. Koalisi pimpinan Anwar meraup kursi parlemen terbanyak jika dibandingkan koalisi lainnya dalam pemilu yang digelar Sabtu (19/11) waktu setempat.

Penegasan itu disampaikan Anwar saat pemimpin koalisi Perikatan Nasional, Muhyiddin Yassin, juga mengklaim mendapatkan cukup dukungan untuk membentuk pemerintahan. Demikian dilansir Channel News Asia dan kantor berita Bernama, Senin (21/11/2022).

Saat ditanya apakah dirinya memiliki jumlah dukungan mayoritas dalam majelis rendah parlemen Malaysia, Anwar menegaskan persoalan dukungan mayoritas itu sebenarnya telah diselesaikan pembahasannya dengan beberapa partai koalisi.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Senin (21/11/2022):

- Mendagri Jepang Mengundurkan Diri, Sudah 3 Menteri Mundur dalam Sebulan

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Jepang Minoru Terada mengundurkan diri terkait keterlibatannya dalam skandal pendanaan. Terada menjadi menteri ketiga dalam jajaran pemerintahan Perdana Menteri (PM) Fumio Kishida yang mengundurkan diri dalam waktu kurang dari sebulan terakhir.

Seperti dilansir Reuters, Senin (21/11/2022), angka kepuasan publik Kishida merosot setelah pembunuhan mantan PM Shinzo Abe pada Juli lalu, yang mengungkap hubungan yang mendalam dan sejak lama antara para politikus Partai Demokratik Liberal (LDP) yang berkuasa dan Gereja Unifikasi yang kontroversial.

Terada mengajukan pengunduran dirinya kepada Kishida pada Minggu (20/11) waktu setempat, setelah laporan media menyebut PM Jepang itu bersiap memecatnya. Pada Senin (21/11) waktu setempat, Kishida menunjuk mantan Menteri Luar Negeri Takeaki Matsumoto untuk menggantikan Terada.

"Landasan komitmen politik adalah kepercayaan publik," ucap Kishida kepada wartawan usai menunjuk Matsumoto sebagai Mendagri yang baru.

- Korut Geram PBB Kecam Peluncuran Rudalnya: Boneka AS!

Menteri Luar Negeri (Menlu) Korea Utara sangat menyesalkan kecaman Sekjen PBB Antonio Guterres atas peluncuran rudal balistik antarbenua negara itu.

Korut menembakkan rudal balistik antarbenua pada Jumat lalu, dalam salah satu uji coba paling kuatnya. Hal itu mendorong Guterres untuk mendesak Pyongyang menghentikan "tindakan provokatif" lebih lanjut.

Dilansir kantor berita AFP, Senin (21/11/2022), media resmi Korut KCNA melaporkan bahwa Menteri Luar Negeri Korut Choe Son Hui menanggapi pernyataan pemimpin badan dunia itu dengan mengungkapkan "penyesalan saya yang kuat atas fakta bahwa sekretaris jenderal PBB telah mengambil sikap yang sangat tercela."

- Tegang! Penjaga Pantai China Rebut Paksa Puing Roket dari Filipina

Penjaga pantai China terlibat konfrontasi terbaru dengan Angkatan Laut Filipina di perairan Laut China Selatan yang menjadi sengketa. Penjaga pantai China disebut secara paksa merebut puing roket yang ditemukan dan ditarik oleh kapal Angkatan Laut Filipina ke salah satu pulaunya di perairan tersebut.

Seperti dilansir Associated Press, Senin (21/11/2022), puing roket itu diduga berasal dari peluncuran roket China. Puing itu direbut paksa oleh penjaga pantai China setelah ditemukan mengapung di lautan sebelum ditarik oleh kapal militer Filipina pada Minggu (20/11) waktu setempat.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT