Korut Geram PBB Kecam Peluncuran Rudalnya: Boneka AS!

ADVERTISEMENT

Korut Geram PBB Kecam Peluncuran Rudalnya: Boneka AS!

Rita Uli Hutapea - detikNews
Senin, 21 Nov 2022 10:53 WIB
Kim Jong-Un membawa istri dan anak perempuannya untuk menonton uji coba rudal antarbenua. Ini merupakan momen perdana putri Kim Jong-Un muncul di depan publik.
peluncuran rudal Korea Utara (Foto: KCNA via REUTERS)
Jakarta -

Menteri Luar Negeri (Menlu) Korea Utara sangat menyesalkan kecaman Sekjen PBB Antonio Guterres atas peluncuran rudal balistik antarbenua negara itu.

Korut menembakkan rudal balistik antarbenua pada Jumat lalu, dalam salah satu uji coba paling kuatnya. Hal itu mendorong Guterres untuk mendesak Pyongyang menghentikan "tindakan provokatif" lebih lanjut.

Dilansir kantor berita AFP, Senin (21/11/2022), media resmi Korut KCNA melaporkan bahwa Menteri Luar Negeri Korut Choe Son Hui menanggapi pernyataan pemimpin badan dunia itu dengan mengungkapkan "penyesalan saya yang kuat atas fakta bahwa sekretaris jenderal PBB telah mengambil sikap yang sangat tercela."

Pernyataan sekjen PBB itu, kata Choe, "mengabaikan tujuan dan prinsip Piagam PBB dan misinya untuk mempertahankan ketidakberpihakan, objektivitas, dan kesetaraan dalam segala hal."

Dia menambahkan bahwa episode tersebut menunjukkan bahwa Guterres "adalah boneka Amerika Serikat".

"Kami baru-baru ini memperingatkan Sekjen PBB untuk mempertimbangkan masalah semenanjung Korea atas dasar ketidakberpihakan dan objektivitas," kata Menlu Korut itu.

Choe mengatakan bahwa Korut telah memperjelas bahwa negara itu harus menghasilkan "pertahanan diri di bawah lingkungan keamanan yang mengkhawatirkan di semenanjung Korea dan wilayah yang disebabkan oleh kerja sama militer berbahaya AS dan pasukan bawahannya."

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT