Pintu Dialog Terbuka dari Ukraina Bukan untuk Putin tapi Rusia

ADVERTISEMENT

Pintu Dialog Terbuka dari Ukraina Bukan untuk Putin tapi Rusia

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 05 Okt 2022 20:03 WIB
FILE PHOTO - Ukraines President Volodymyr Zelenskiy meets U.S. Secretary of State Antony Blinken during his visit in Kyiv, Ukraine September 8, 2022. Genya Savilov/Pool via REUTERS
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (Genya Savilov/Pool via REUTERS)
Jakarta -

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menandatangani dekrit yang secara resmi menyatakan prospek pembicaraan Ukraina dengan Presiden Rusia Vladimir Putin adalah "tidak mungkin". Namun Zelensky membiarkan pintu terbuka untuk pembicaraan dengan Rusia.

Dilansir Reuters, Rabu (5/10/2022), dekrit tersebut meresmikan komentar yang dilontarkan Zelensky pekan lalu setelah Putin menyatakan empat wilayah pendudukan Ukraina sebagai bagian dari Rusia. Zelensky juga menilai Putin tidak mengetahui arti martabat dan kejujuran.

"Dia (Putin) tidak tahu apa itu martabat dan kejujuran. Karena itu, kami siap untuk berdialog dengan Rusia, tetapi dengan presiden Rusia yang lain," ujar Zelensky saat itu.

Pasukan Ukraina telah menembus pertahanan Rusia di selatan negara itu dan memperluas serangan di wilayah timur. Pasukan Ukraina diketahui merebut kembali wilayah-wilayah di daerah yang dicaplok oleh Rusia.

Beberapa wilayah yang berhasil direbut kembali itu, sebut Zelensky, terletak di wilayah Kherson, Luhansk, dan Donetsk, yang secara resmi dicaplok Rusia pekan lalu.

Simak video 'Ukraina Rebut Kembali Sejumlah Wilayah dari Rusia':

[Gambas:Video 20detik]



Simak halaman selanjutnya

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT