Inggris Ingatkan Putin: Penggunaan Senjata Nuklir Pasti Akan Dibalas!

ADVERTISEMENT

Inggris Ingatkan Putin: Penggunaan Senjata Nuklir Pasti Akan Dibalas!

Rita Uli Hutapea - detikNews
Rabu, 05 Okt 2022 14:55 WIB
Russian President Vladimir Putin chairs a meeting with members of the Security Council via a video conference call in Moscow, Russia, September 9, 2022. Sputnik/Gavriil Grigorov/Pool via REUTERS/File Photo
Presiden Rusia Vladimir Putin (Foto: Sputnik/Gavriil Grigorov/Pool via REUTERS/File Photo)
Jakarta -

Menteri Luar Negeri (Menlu) Inggris James Cleverly mengingatkan bahwa setiap penggunaan senjata nuklir akan menimbulkan konsekuensi. Hal ini disampaikannya setelah Presiden Rusia Vladimir Putin meningkatkan perangnya di Ukraina dengan mobilisasi militer dan peringatan penggunaan senjata nuklir.

Dilansir kantor berita Reuters, Rabu (5/10/2022), ditanya bagaimana Inggris akan menanggapi penggunaan senjata nuklir taktis oleh Rusia, Cleverly mengatakan bahwa dia tidak bisa menjelaskan secara rinci tetapi pasti akan ada tanggapan.

"Tidak dapat dihindari bahwa penggunaan senjata nuklir oleh negara mana pun di dunia tidak akan berjalan tanpa tanggapan," katanya dalam sebuah acara di konferensi Partai Konservatif pada Selasa (4/10) waktu setempat.

"Saya tidak akan membahas sifat atau ambang batasnya," imbuh Menlu Inggris tersebut.

Sebelumnya juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov mengatakan Moskow tidak ingin mengambil bagian dalam "retorika nuklir" yang disebarkan oleh Barat. Ini disampaikannya setelah surat kabar Inggris, Times melaporkan bahwa NATO telah memperingatkan negara-negara anggotanya bahwa Putin mungkin akan menguji senjata atom di perbatasan Ukraina.

Cleverly mengatakan kesalahan-kesalahan strategis oleh Putin telah merusak Rusia dan membuatnya semakin terisolasi secara global.

"Kita perlu memperjelas bahwa deretan kesalahan strategisnya harus dihentikan," katanya. "Kami akan terus mendukung Ukraina dalam membela tanah air mereka, dan membela aturan dan norma internasional," imbuhnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT