5 Berita Terpopuler Internasional Hari Ini

ADVERTISEMENT

5 Berita Terpopuler Internasional Hari Ini

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 05 Okt 2022 17:32 WIB
A surface-to-surface missile is fired into the sea off the east coast in this handout picture provided by the Defense Ministry, South Korea, October 5, 2022. South Korean Defense Ministry/Handout via REUTERS
rudal ditembakkan militer Korsel ke laut (Foto: South Korean Defense Ministry/Handout via REUTERS)
Jakarta -

Militer Korea Selatan (Korsel) dan Amerika Serikat menembakkan rentetan rudal ke laut sebagai tanggapan atas penembakan rudal balistik Korea Utara di atas wilayah Jepang.

Korea Utara yang bersenjata nuklir menembakkan rudal balistik jarak menengah di atas Jepang untuk pertama kalinya dalam lima tahun pada hari Selasa (4/10). Hal ini mendorong Tokyo untuk mengeluarkan peringatan evakuasi bagi beberapa penduduk.

Dilansir kantor berita AFP, Rabu (5/10/2022), militer Korsel menyatakan bahwa pihaknya militer dan Amerika Serikat melakukan latihan bersama sebagai tanggapan, menembakkan rudal-rudal darat-ke-darat ke Laut Timur, juga dikenal sebagai Laut Jepang.

Kepala Staf Gabungan militer Korsel menyatakan, dalam latihan bersama itu, militer kedua negara menembakkan dua rudal balistik jarak pendek ATACMS ke perairan "untuk secara tepat menyerang target virtual."

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Rabu (5/10/2022):

- AS Kerahkan Kapal Induk Terbaru USS Gerald Ford, Harganya Rp 197 T!

Kapal induk terbaru milik Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) resmi dikerahkan dalam misi pertamanya pada Selasa (4/10) waktu setempat. Pembangunan kapal induk bernama USS Gerald R Ford itu menelan biaya lebih dari US$ 13 miliar (Rp 197,5 triliun).

Seperti dilansir AFP, Rabu (5/10/2022), kapal induk terbaru AS itu akan bekerja dengan negara-negara termasuk Kanada, Prancis dan Jerman dalam pengerahan yang akan mencakup pelatihan pertahanan udara, perang antikapal selam dan operasi amfibi.

Pengerahan ini dinilai sebagai tonggak sejarah mengingat kapal induk itu sempat mengalami sejumlah masalah dengan teknologi-teknologi canggih yang dibawanya sehingga pengerahannya ditunda.

Tayangan video langsung pada halaman Facebook Angkatan Laut AS menunjukkan momen saat kapal induk terbaru AS itu ditarik dari dermaga di Pangkalan Angkatan Laut Norfolk di Virginia.

- Gagal Ditembakkan, Rudal Korsel Jatuh ke Daratan-Bikin Warga Panik!

Salah satu rudal Korea Selatan (Korsel) gagal diluncurkan ke laut dalam latihan gabungan dengan Amerika Serikat (AS) untuk merespons peluncuran rudal Korea Utara (Korut). Rudal yang gagal diluncurkan itu jatuh ke daratan dan memicu suara ledakan. Suara ledakan itu membuat warga sekitar panik dan mengira ada serangan Korut.

Seperti dilansir Reuters dan Associated Press, Rabu (5/10/2022), insiden itu terjadi pada Rabu (5/10) pagi waktu setempat saat Korsel menggelar latihan tembak langsung dengan militer AS. Dalam latihan itu, militer Korsel dan AS menembakkan total empat rudal jenis darat-ke-udara ke arah Laut Timur.

Masing-masing dua rudal Sistem Rudal Taktis Militer (ATACMS) ditembakkan oleh militer masing-masing negara, dengan Kepala Staf Gabungan Korsel (JCS) mengklaim rudal-rudal itu secara tepat mengenai target tiruan dan menunjukkan kemampuan pencegahan.

JCS dalam pernyataannya, seperti dilansir kantor berita Korsel Yonhap, menegaskan bahwa kedua negara mempertahankan kesiapan penuh di tengah kemungkinan provokasi lanjutan oleh Korut. JCS tidak menyebut lebih lanjut lokasi dan waktu latihan gabungan itu digelar.

- Inggris Ingatkan Putin: Penggunaan Senjata Nuklir Pasti Akan Dibalas!

Menteri Luar Negeri (Menlu) Inggris James Cleverly mengingatkan bahwa setiap penggunaan senjata nuklir akan menimbulkan konsekuensi. Hal ini disampaikannya setelah Presiden Rusia Vladimir Putin meningkatkan perangnya di Ukraina dengan mobilisasi militer dan peringatan penggunaan senjata nuklir.

Simak Video 'Respons Rudal Korea Utara, Jet Tempur Korea Selatan dan AS Jatuhkan Bom':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT