AS Kerahkan Kapal Induk Terbaru USS Gerald Ford, Harganya Rp 197 T!

ADVERTISEMENT

AS Kerahkan Kapal Induk Terbaru USS Gerald Ford, Harganya Rp 197 T!

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 05 Okt 2022 12:30 WIB
FILE - The aircraft carrier USS Gerald R. Ford heads to the Norfolk, Va., naval station on April 14, 2017. The USS Gerald R. Ford leaves the worlds largest Navy base in Norfolk on Monday, Oct. 3, 2022, along with destroyers and other warships, the U.S. Navy said in a statement Thursday, Sept. 29, 2022. The carrier strike group will join ships in the Atlantic Ocean from countries that include France, Germany and Sweden for various exercises, such as anti-submarine warfare. (Bill Tiernan/The Virginian-Pilot via AP, File)
USS Gerald R Ford (Bill Tiernan/The Virginian-Pilot via AP, File)
Washington DC -

Kapal induk terbaru milik Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) resmi dikerahkan dalam misi pertamanya pada Selasa (4/10) waktu setempat. Pembangunan kapal induk bernama USS Gerald R Ford itu menelan biaya lebih dari US$ 13 miliar (Rp 197,5 triliun).

Seperti dilansir AFP, Rabu (5/10/2022), kapal induk terbaru AS itu akan bekerja dengan negara-negara termasuk Kanada, Prancis dan Jerman dalam pengerahan yang akan mencakup pelatihan pertahanan udara, perang antikapal selam dan operasi amfibi.

Pengerahan ini dinilai sebagai tonggak sejarah mengingat kapal induk itu sempat mengalami sejumlah masalah dengan teknologi-teknologi canggih yang dibawanya sehingga pengerahannya ditunda.

Tayangan video langsung pada halaman Facebook Angkatan Laut AS menunjukkan momen saat kapal induk terbaru AS itu ditarik dari dermaga di Pangkalan Angkatan Laut Norfolk di Virginia.

Laksamana Daryl Caudle dari Angkatan Laut AS menyatakan bahwa pengerahan kapal induk terbaru ini akan 'menunjukkan kemampuan mematikan yang tidak tertandingi, multi-domain dan dalam spektrum penuh di Atlantik'.

Menurut Angkatan Laut AS, pengerahan ini akan melibatkan 9.000 personel, 20 kapal dan 60 pesawat dari sembilan negara berbeda. Namun tidak disebutkan lebih lanjut negara-negara yang dimaksud.

Mulai ditugaskan tahun 2017, kapal induk terbaru AS itu tergolong ukuran besar dengan panjangnya mencapai 335 meter dan memiliki berat total 101.000 ton jika membawa muatan penuh. Namun kapal induk itu masih bisa berlayar dengan kecepatan lebih dari 54 kilometer per jam.

Nama kapal induk terbaru AS ini diambil dari nama Presiden ke-38 AS Gerald Rudolph Ford Jr.

Tonton juga Video: Korea Utara Tembakkan Rudal Balistik Setelah Kapal Induk AS Tiba di Korea Selatan

[Gambas:Video 20detik]




ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT