ADVERTISEMENT

5 Berita Terpopuler Internasional Hari Ini

Tim Detikcom - detikNews
Rabu, 24 Agu 2022 17:57 WIB
Former Malaysian Prime Minister Najib Razak gestures during the break of his court proceeding at the Federal Court, in Putrajaya, Malaysia August 23, 2022. REUTERS/Hasnoor Hussain
Mantan PM Malaysia Najib Razak (Foto: REUTERS/HASNOOR HUSSAIN)
Jakarta -

Mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia Najib Razak kini mendekam di penjara setelah upaya banding terakhir dalam kasus transfer 42 juta Ringgit dari SRC International, anak perusahaan 1Malaysia Development Berhad (1MDB), ditolak pengadilan. Namun, saat ini masih ada empat kasus lainnya terkait 1MDB yang menjerat Najib.

Seperti dilansir media lokal Malaysia, The Star, Rabu (24/8/2022), Najib yang kini berusia 69 tahun masih menghadapi satu persidangan terkait SRC International, di mana dia dijerat tiga dakwaan pencucian uang total sebesar 27 juta Ringgit.

Dalam kasus itu, Najib didakwa menerima dana sebesar 27 juta Ringgit pada AmIslamic Bank di Kuala Lumpur pada 8 Juli 2014.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Rabu (24/8/2022):

- Wuih! AS Akan Beri Lagi Bantuan Militer Rp 44 T untuk Ukraina

Amerika Serikat (AS) akan mengumumkan bantuan militer terbaru sebesar US$ 3 miliar (Rp 44,5 triliun) untuk Ukraina pada Rabu (24/8) waktu setempat. Bantuan militer terbaru ini diumumkan bertepatan saat Ukraina memperingati 31 tahun kemerdekaannya, juga ketika invasi Rusia memasuki bulan keenam.

Seperti dilansir AFP, Rabu (24/8/2022), seorang pejabat AS yang tidak disebut identitasnya mengonfirmasi pengumuman Gedung Putih, yang disampaikan saat Washington DC memperingatkan Moskow mungkin merencanakan gelombang serangan terhadap target-target sipil utama bertepatan hari kemerdekaan Ukraina.

Presiden Volodymyr Zelensky sebelumnya mendorong warga Ukraina untuk waspada terhadap 'teror Rusia'.

Tahap terbaru pendanaan dari AS akan membantu Ukraina untuk mendapatkan lebih banyak persenjataan, amunisi dan pasokan lainnya bagi Angkatan Bersenjatanya, yang terus bertempur melawan pasukan Rusia di wilayah timur dan selatan negara itu.

- Biden Perintahkan Serangan ke Suriah, Targetnya Kelompok Terkait Iran

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden memerintahkan serangan udara terhadap posisi-posisi terkait Iran di wilayah Deir al-Zor, Suriah. Serangan militer AS itu difokuskan pada fasilitas yang diduga digunakan oleh kelompok-kelompok yang berafiliasi dengan Garda Revolusi Iran (IRGC).

Seperti dilansir Reuters, Rabu (24/8/2022), Komando Pusat militer AS menyatakan bahwa serangan udara semacam itu dimaksudkan untuk melindungi pasukan AS dari serangan kelompok-kelompok yang didukung Iran.

Komando Pusat AS menyinggung salah satu insiden pada 15 Agustus, yang dilaporkan Reuters melibatkan serangan drone terhadap kompleks yang dikelola oleh koalisi dan petempur oposisi Suriah yang didukung AS. Tidak ada korban jiwa akibat serangan drone itu.

"Presiden memberikan arahan untuk serangan-serangan ini," ujar juru bicara Komando Pusat AS, Kolonel Militer Joe Buccino.

- Heboh Foto 2 Wanita Berciuman di Rumahnya, PM Finlandia Minta Maaf

Perdana Menteri (PM) Finlandia Sanna Marin kembali tersandung skandal yang kali ini menyangkut sebuah foto kontroversial yang dijepret di kediamannya. Foto menghebohkan ini muncul kurang dari sepekan setelah pemimpin wanita berusia 36 tahun ini menuai kritikan usai video dirinya berpesta menjadi viral.

Marin sendiri telah menyampaikan permohonan maaf kepada publik atas foto kontroversial yang beredar beberapa waktu terakhir itu. Demikian seperti dilansir AFP, Rabu (24/8/2022).

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT