5 Berita Terpopuler Internasional Hari Ini

ADVERTISEMENT

5 Berita Terpopuler Internasional Hari Ini

Tim detikcom - detikNews
Senin, 08 Agu 2022 17:40 WIB
Pemimpin Al-Qaeda, Ayman al-Zawahiri dilaporkan tewas dalam serangan drone AS di Kabul, Afghanistan. Kematian Al-Zawahiri diumumkann oleh Presiden AS Joe Biden.
Presiden AS Joe Biden (Foto: Jim Watson-Pool/Getty Images/AFP)

Seperti dilansir Reuters, Senin (8/8/2022), kunjungan Pelosi memicu memicu kemarahan China, yang merespons dengan meluncurkan sejumlah rudal balistik dalam latihan militer besar-besaran di sekitar Taiwan. Otoritas China juga memutuskan saluran dialog dengan AS.

"Situasi tegang di Selat Taiwan saat ini sepenuhnya diprovokasi dan diciptakan oleh pihak AS atas inisiatifnya sendiri, dan pihak AS harus memikul tanggung jawab penuh dan konsekuensi serius atas ini," tegas juru bicara Kementerian Pertahanan China Wu Qian dalam pernyataannya.

"Dasarnya tidak boleh dirusak, dan komunikasi membutuhkan ketulusan," imbuh Wu.

- Geger Pembunuhan 4 Pria Muslim di AS, Polisi Duga Ada Keterkaitan

Kepolisian di kota Albuquerque, negara bagian New Mexico, Amerika Serikat tengah menyelidiki pembunuhan tiga pria Muslim yang mereka duga terkait dengan pembunuhan seorang pria Muslim lainnya tahun lalu.

Dilansir dari kantor berita AFP, Senin (8/8/2022), Departemen Kepolisian Albuquerque mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka telah menemukan korban terakhir pada Jumat (5/8) malam waktu setempat.

Polisi tidak mengidentifikasi korban tersebut mengatakan dia merupakan pria berusia pertengahan 20-an tahun, Muslim dan "asli dari Asia Selatan."

"Penyelidik meyakini pembunuhan hari Jumat mungkin terkait dengan tiga pembunuhan baru-baru ini terhadap pria Muslim juga dari Asia Selatan," demikian pernyataan kepolisian.

- 4 Pria Muslim di Albuquerque Dibunuh, Biden Marah!

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengutuk keras pembunuhan empat pria Muslim di negara bagian New Mexico dalam beberapa waktu terakhir. Kepolisian AS tengah menyelidiki lebih lanjut apakah keempat kasus pembunuhan yang terjadi secara terpisah itu saling berkaitan.

"Saya marah dan merasa sedih atas pembunuhan mengerikan empat pria Muslim di Albuquerque," ucap Biden dalam pernyataannya via Twitter pada Minggu (7/8) waktu setempat, seperti dilansir AFP, Senin (8/8/2022).

"Sementara kita menunggu penyelidikan secara menyeluruh, doa saya untuk keluarga korban, dan pemerintahan saya mendukung komunitas Muslim. Serangan penuh kebencian semacam ini tidak memiliki tempat di Amerika," ujar Biden dalam pernyataannya.

Albuquerque merupakan kota terbesar di negara bagian New Mexico. Motif di balik pembunuhan-pembunuhan itu belum diketahui secara jelas.


(ita/ita)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT