ADVERTISEMENT

5 Berita Terpopuler Internasional Hari Ini

Tim Detikcom - detikNews
Senin, 01 Agu 2022 17:33 WIB
Pangeran Charles
Pangeran Charles (Foto: Instagram @clarencehouse)
Jakarta -

Clarence House, kediaman Pangeran Charles, membantah laporan media Inggris, Sunday Times, yang menyebut ahli waris takhta Kerajaan Inggris itu memediasi kesepakatan tahun 2013 untuk menerima sumbangan amal sebesar 1 juta Poundsterling (Rp 18,1 miliar) dari saudara tiri mendiang Osama bin Laden.

Seperti dilansir CNN, Senin (1/8/2022), laporan Sunday Times yang mengutip sejumlah sumber menyebut Pangeran Charles telah menerima sumbangan dari Bakr bin Laden dan Shafiq bin Laden untuk Yayasan Amal Pangeran Wales (PWCF), meskipun ada keberatan dari para penasihat utama pada saat itu.

Pihak Clarence House dalam pernyataannya membantah laporan Sunday Times itu, dengan menegaskan bahwa keputusan untuk menerima dana sumbangan dibuat oleh Dewan Komisaris PWCF, bukan oleh Pangeran Charles sendiri.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Senin (1/8/2022):

- Ribuan Tentara RI-AS Mulai Latihan 'Super Garuda Shield'

Ribuan personel Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan tentara Amerika Serikat (AS) memulai latihan militer gabungan 'Super Garuda Shield' yang akan berlangsung selama dua pekan. AS menyebut latihan gabungan itu bertujuan memajukan kerja sama regional dalam mendukung kawasan Asia-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Seperti dilansir AFP, Senin (1/8/2022), Washington DC telah menegaskan bahwa latihan itu tidak ditujukan untuk negara manapun meskipun ada kekhawatiran yang berkembang soal peningkatan agresivitas China di Pasifik. Disebutkan juga oleh AS bahwa latihan gabungan kali ini akan lebih besar dari sebelumnya.

Sedikitnya 4.000 tentara Indonesia dan AS akan bergabung dengan pasukan-pasukan militer dari Australia dan Singapura, juga Jepang -- yang berpartisipasi untuk pertama kalinya dalam latihan gabungan tahunan ini.

- Ledakan Drone Guncang Markas Pasukan Rusia di Crimea, 6 Orang Luka

Sebuah ledakan mengguncang markas Armada Laut Hitam Rusia yang ada di Semenanjung Crimea, yang dicaplok dari Ukraina tahun 2014 lalu. Sedikitnya enam orang mengalami luka-luka akibat ledakan itu.

Seperti dilansir Associated Press, Senin (1/8/2022), otoritas Crimea yang dikuasai Rusia menyebut ledakan dipicu oleh sebuah alat peledak kecil yang diangkut sebuah drone rakitan yang mengudara ke markas pasukan Rusia di Crimea pada Minggu (31/7) waktu setempat.

Ledakan dilaporkan terjadi di halaman markas Angkatan Laut Rusia di kota Sevastopol, Crimea.

Belum ada pihak yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan drone tersebut. Namun melihat dari skala serangan yang cenderung kecil dan berimprovisasi, tampaknya serangan didalangi oleh pemberontak Ukraina yang mencoba mengusir pasukan Rusia.

- Penjaga Perbatasan Iran Bentrok dengan Taliban, 1 Orang Tewas

Telah terjadi bentrokan antara penjaga perbatasan Iran dan pasukan Taliban di Afghanistan. Pihak Afghanistan mengkonfirmasikan salah satu petugas perbatasan mereka tewas dan satu orang lainnya terluka dalam bentrokan yang terjadi pada Minggu (31/7) waktu setempat itu.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT