ADVERTISEMENT

5 Berita Terpopuler Internasional Hari Ini

Tim detikcom - detikNews
Senin, 04 Jul 2022 17:26 WIB
Tiga orang tewas dalam penembakan di mal Kopenhagen, Denmark. Begini suasana mal tersebut usai penembakan.
suasana di mal Denmark usai penembakan (Foto: Claus Bech/Ritzau Scanpix via AP)
Jakarta -

Tiga orang tewas dalam penembakan di mal Kopenhagen, Denmark. Sejumlah orang juga luka-luka akibat peristiwa ini.

Dilansir AFP, Senin (4/7/2022), tersangka penembakan adalah seseorang berusia 22 tahun. Saat ini tersangka sudah diamankan oleh pihak kepolisian.

Tersangka ditangkap setelah penembakan itu diketahui oleh polisi "tetapi hanya di pinggiran," kata kepala polisi Kopenhagen Soren Thomassen saat konferensi pers.

Diketahui, peristiwa ini terjadi pada Minggu (3/7) waktu setempat. Serangan itu terjadi dua hari setelah kompetisi bersepeda Tour de France tahun ini dimulai dari Kopenhagen, dan penyelenggara Tour mengeluarkan pernyataan yang menyatakan simpati mereka.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Senin (4/7/2022):

- Arab Saudi Sambut 1 Juta Jemaah Haji, Terbesar Sejak Pandemi Corona

Para jemaah haji dari seluruh dunia memenuhi jalanan kota suci Mekah di Arab Saudi pekan ini. Dilaporkan 1 juta jemaah haji, sebagian besar dari luar negeri, akan berada di Saudi untuk mengikuti apa yang disebut sebagai ibadah haji terbesar sejak pandemi virus Corona (COVID-19).

Seperti dilansir AFP, Senin (4/7/2022), spanduk-spanduk menyambut para jemaah haji juga menghiasi alun-alun dan gang-gang, sementara petugas keamanan melakukan patroli di kota suci yang menjadi kelahiran Nabi Muhammad SAW.

"Ini kebahagiaan murni. Saya hampir tidak percaya saya ada di sini. Saya menikmati setiap momen," tutur seorang jemaah haji dari Sudan, Abdel Qader Kheder, kepada AFP di Mekah, menjelang ritual ibadah haji yang akan dimulai pada Rabu (6/7) mendatang.

Satu juta jemaah, termasuk 850.000 jemaah dari luar negeri, diizinkan mengikuti ibadah haji tahun ini di Saudi setelah dua tahun terakhir jumlah jemaah haji dikurangi secara drastis akibat pandemi Corona. Tahun ini menjadi yang pertama sejak tahun 2019 di mana jemaah internasional bisa mengikuti ibadah haji di Saudi.

- Banjir Terjang Sydney, Puluhan Ribu Orang Diperintahkan Mengungsi

Otoritas darurat Australia memerintahkan puluhan ribu orang di Sydney untuk mengungsi setelah sungai-sungai meluap hingga menggenangi petak-petak tanah dan bendungan terbesar di kota itu ikut meluap.

Seperti dilansir AFP, Senin (4/7/2022), pada hari ketiga hujan deras mengguyur pantai timur Australia, tim penyelamat menyatakan berhasil menyelamatkan sekitar 20 orang dalam 12 jam terakhir. Banyak orang yang terjebak dalam mobil-mobil di ruas jalanan yang tergenang banjir di New South Wales.

Australia diketahui berada dalam situasi berbahaya akibat perubahan iklim, dengan kekeringan, kebakaran semak yang mematikan, pemutihan Great Barrier Reef dan banjir semakin sering terjadi dan semakin intens karena pola cuaca global mengalami perubahan.

- India Tangkap 7 Orang Atas Pembunuhan Pendukung Penghina Nabi Muhammad

Sedikitnya tujuh tersangka telah ditangkap polisi terkait pembunuhan seorang ahli kimia, Umesh Kolhe, yang sempat memposting dukungan untuk politikus India yang menghina Nabi Muhammad. Salah satu tersangka pembunuhan yang terjadi di Amravati itu diketahui merupakan teman korban sendiri.

Pembunuhan Kolhe terjadi sepekan sebelum pembunuhan keji lainnya terhadap seorang pria Hindu bernama Kanhaiya Lal di Udaipur, yang juga mendukung politikus penghina Nabi.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT