ADVERTISEMENT

Serangan Rudal Ukraina Tewaskan 3 Orang di Kota Kecil Rusia

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 04 Jul 2022 09:28 WIB
A Ukrainian border guard patrols the border with Russia not far from Hoptivka village, Kharkiv region, Ukraine, Wednesday, Feb. 2, 2022. Russian President Vladimir Putin is accusing the U.S. and its allies of ignoring Russias top security demands but says Moscow is willing to talk more to ease tensions over Ukraine. (AP Photo/Evgeniy Maloletka)
lustrasi -- Perbatasan Rusia dan Ukraina (dok. AP Photo/Evgeniy Maloletka)
Moskow -

Otoritas Rusia mengklaim sedikitnya tiga orang tewas akibat serangan di kota Belgorod, dekat perbatasan Ukraina. Puluhan gedung permukiman di kota kecil itu juga dilaporkan mengalami kerusakan akibat serangan, yang menurut Moskow, dilancarkan oleh pasukan Ukraina.

Seperti dilansir Reuters, Senin (4/6/2022), Gubernur setempat, Vyascheslav Gladkov, menyatakan via Telegram bahwa sedikitnya 11 gedung apartemen dan 39 rumah warga mengalami kerusakan. Lima rumah di antaranya bahkan mengalami kehancuran akibat serangan itu.

Kementerian Pertahanan Rusia dengan tegas menyatakan bahwa korban jiwa dan kerusakan itu disebabkan oleh serangan rudal Ukraina.

"Saya menekankan bahwa serangan rudal ini secara sengaja direncanakan dan diluncurkan terhadap populasi warga sipil di kota-kota Rusa," sebut juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia, Igor Konashenkov.

Belum ada tanggapan resmi dari otoritas maupun militer Ukraina terkait klaim Rusia tersebut.

Konashenkov dalam pernyataannya juga mengklaim bahwa pertahanan udara Rusia tengah menghancurkan tiga rudal Tochka-U yang diluncurkan ke wilayahnya, namun serpihan salah satu rudal mengenai beberapa gedung permukiman.

Disebutkan juga oleh Konashenkov bahwa Rusia juga menghancurkan sejumlah drone yang membawa muatan peledak milik Ukraina yang mengudara mendekati Kursk, sebuah kota di wilayah Rusia bagian selatan.

Reuters belum bisa memverifikasi klaim-klaim Rusia itu.

Lihat Video: Terpopuler Sepekan: Jokowi ke Ukraina-Rusia hingga MenPAN-RB Wafat

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT