ADVERTISEMENT

Banjir Terjang Sydney, Puluhan Ribu Orang Diperintahkan Mengungsi

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 04 Jul 2022 11:04 WIB
Sydney -

Otoritas darurat Australia memerintahkan puluhan ribu orang di Sydney untuk mengungsi setelah sungai-sungai meluap hingga menggenangi petak-petak tanah dan bendungan terbesar di kota itu ikut meluap.

Seperti dilansir AFP, Senin (4/7/2022), pada hari ketiga hujan deras mengguyur pantai timur Australia, tim penyelamat menyatakan berhasil menyelamatkan sekitar 20 orang dalam 12 jam terakhir. Banyak orang yang terjebak dalam mobil-mobil di ruas jalanan yang tergenang banjir di New South Wales.

Australia diketahui berada dalam situasi berbahaya akibat perubahan iklim, dengan kekeringan, kebakaran semak yang mematikan, pemutihan Great Barrier Reef dan banjir semakin sering terjadi dan semakin intens karena pola cuaca global mengalami perubahan.

Suhu udara yang lebih panas berarti atmosfer menahan lebih banyak kelembapan dan melepaskan lebih banyak hujan.

Sekitar 32.000 orang berada di bawah perintah atau peringatan evakuasi yang dirilis di negara bagian New South Wales, yang menjadi lokasi kota Sydney.

"Kita telah melihat sungai-sungai naik dengan cepat, jauh lebih cepat dari yang diperkirakan," tutur pejabat senior pada Dinas Urusan Darurat Negara Bagian New South Wales, Ashley Sullivan, kepada televisi ABC.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT