ADVERTISEMENT

5 Berita Terpopuler Internasional Hari Ini

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 17 Jun 2022 17:15 WIB
Caucasian woman holding gavel
ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/Tolimir)
Jakarta -

Seorang remaja kulit hitam di Amerika Serikat (AS) yang telah dieksekusi mati tahun 1931 silam atas kasus pembunuhan wanita kulit putih, dibebaskan dari dakwaan oleh pengadilan Pennsylvania pekan ini. Putusan pembebasan ini menyusul lobi yang terus dilakukan satu-satunya saudara perempuannya yang masih hidup.

Seperti dilansir AFP, Jumat (17/6/2022), Alexander McClay Williams masih berusia 16 tahun ketika dewan juri pengadilan yang semuanya kulit putih, menyatakan dia bersalah atas pembunuhan seorang wanita kulit putih bernama Vida Robare tahun 1930 silam. Williams dijatuhi hukuman mati oleh hakim pada saat itu.

Dia dieksekusi mati setahun kemudian dan mencetak sejarah sebagai narapidana paling muda yang dieksekusi mati di wilayah AS bagian timur. Namun, 91 tahun kemudian, seorang hakim distrik menggugurkan kasus pembunuhan itu dan menyatakan Williams tidak bersalah.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Jumat (17/6/2022):

- Penegasan Menlu Rusia: Kami Tidak Menginvasi Ukraina!

Sejak pasukan Rusia menyerang Ukraina hampir empat bulan lalu, ribuan warga sipil telah tewas dan kota-kota menjadi puing-puing. Jutaan warga Ukraina pun telah meninggalkan rumah mereka.

Namun, dalam wawancara dengan media Inggris, BBC pada hari Kamis (16/6) waktu setempat, Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia Sergei Lavrov mengatakan bahwa segala sesuatunya tidak seperti yang terlihat.

"Kami tidak menginvasi Ukraina," katanya seperti diberitakan BBC, Jumat (17/6/2022).

- China Luncurkan Kapal Induk Ketiga Buatan Dalam Negeri

China meluncurkan kapal induk ketiganya yang dirancang dan dibangun di dalam negeri. Hal ini dinilai sebagai kemajuan militer besar-besaran bagi negara adidaya Asia itu.

Seperti dilansir AFP, Jumat (17/6/2022), televisi pemerintah CCTV melaporkan bahwa kapal induk ketiga China itu diluncurkan di galangan kapal Shanghai dengan meriah pada Jumat (17/6) waktu setempat. Kapal induk ketiga bagi Tentara Pembebasan Rakyat, nama resmi militer China, itu disebut sebagai 'Tipe 003'.

"Kapal induk jenis catapult pertama yang sepenuhnya dirancang dan dibangun oleh China," sebut CCTV dalam laporannya.

Pengumuman ini disampaikan saat ketegangan antara China dan Amerika Serikat (AS) semakin meningkat secara signifikan dalam beberapa pekan terakhir, terutama terkait tindakan dan ucapan Beijing atas Taiwan yang memiliki pemerintahan sendiri, namun masih dianggap sebagai bagian wilayah kedaulatan China.

- 2 Warganya Ditangkap Rusia di Ukraina, AS: Perlakukan Manusiawi!

Dua relawan asal Amerika Serikat ditangkap pasukan Rusia saat berperang bersama pasukan Ukraina. Pemerintah AS mendesak Rusia untuk memperlakukan keduanya sebagai tawanan perang yang harus mendapat perlakuan yang manusiawi.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT