China Luncurkan Kapal Induk Ketiga Buatan Dalam Negeri

ADVERTISEMENT

China Luncurkan Kapal Induk Ketiga Buatan Dalam Negeri

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 17 Jun 2022 12:52 WIB
FILE PHOTO - Chinas first domestically built aircraft carrier is seen during its launch ceremony in Dalian, Liaoning province, China, April 26, 2017. To match Special Report CHINA-ARMY/NAVY     REUTERS/Stringer/File Photo ATTENTION EDITORS - THIS IMAGE WAS PROVIDED BY A THIRD PARTY. CHINA OUT.
Ilustrasi -- Kapal induk Liaoning yang merupakan kapal induk pertama China (dok. REUTERS/Stringer/File Photo)
Beijing -

China meluncurkan kapal induk ketiganya yang dirancang dan dibangun di dalam negeri. Hal ini dinilai sebagai kemajuan militer besar-besaran bagi negara adidaya Asia itu.

Seperti dilansir AFP, Jumat (17/6/2022), televisi pemerintah CCTV melaporkan bahwa kapal induk ketiga China itu diluncurkan di galangan kapal Shanghai dengan meriah pada Jumat (17/6) waktu setempat. Kapal induk ketiga bagi Tentara Pembebasan Rakyat, nama resmi militer China, itu disebut sebagai 'Tipe 003'.

"Kapal induk jenis catapult pertama yang sepenuhnya dirancang dan dibangun oleh China," sebut CCTV dalam laporannya.

Pengumuman ini disampaikan saat ketegangan antara China dan Amerika Serikat (AS) semakin meningkat secara signifikan dalam beberapa pekan terakhir, terutama terkait tindakan dan ucapan Beijing atas Taiwan yang memiliki pemerintahan sendiri, namun masih dianggap sebagai bagian wilayah kedaulatan China.

China berulang kali mengirimkan kapal-kapal perangnya melintasi Selat Taiwan yang memisahkan kedua wilayah, dan seringkali menggunakan jet-jet tempurnya untuk mengusir patroli kebebasan navigasi dari AS dan sekutu-sekutunya.

Memiliki nama resmi Fujian, kapal induk terbaru ini secara teknis lebih canggih dibandingkan kapal-kapal induk China lainnya.

Laporan Associated Press menyebut kapal induk Fujian dilengkapi dengan persenjataan dan teknologi peluncuran pesawat terbaru, yang menjadikan kemampuan kapal induk China itu dianggap menyaingi kapal-kapal induk Barat.

Simak juga 'China Klaim Terima Pesan Sinyal dari Alien, Terdeteksi Teleskop Sky Eye':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT