Tak Pernah Sesering Ini Rudal Balistik Korut Bikin Ngeri

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 27 Jan 2022 22:45 WIB
Korea Utara baru saja meluncurkan rudal balistik dari kereta api. Dilansir Associated Press, peluncuran rudal ini sebagai pembalasan terhadap saksi yang dijatuhkan Amerika Serikat.
Rudal Korea Utara (Screenshoot AFP)
Pyongyang -

Korea Utara (Korut) terus meluncurkan rudal balistik yang bikin ngeri. Peluncuran rudal balistik itu disebut tak pernah sesering ini.

Korut meluncurkan rudal balistik pertama di tahun 2022 pada Rabu (5/1/2022). Aktivitas balistik itu dilaporkan dua negara tetangga Korut, yakni Korea Selatan (Korsel) dan Jepang.

Dilansir dari AFP dan Reuters, Laporan militer Korsel menyebut Korut menembakkan objek yang 'diduga sebagai rudal balistik' dari daratan menuju ke lautan di sebelah timur Semenanjung Korea pada Rabu (5/1) pagi, sekitar pukul 08.10 waktu setempat.

"Intelijen Korea Selatan dan Amerika Serikat (AS) sedang menganalisis dengan cermat untuk informasi detail lebih lanjut," demikian pernyataan Kepala Staf Gabungan Korsel.

Pada Senin (17/1), Korut tercatat telah empat kali meluncurkan rudal balistiknya. Peluncuran rudal balistik itu dilaporkan oleh Penjaga Pantai Jepang.

"Korea Utara tampaknya telah meluncurkan kemungkinan rudal balistik," kata juru bicara Penjaga Pantai kepada AFP, tanpa memberikan rincian tentang kemungkinan lintasannya.

Militer Korea Selatan juga melaporkan bahwa Korea Utara telah menembakkan "proyektil tak dikenal" ke arah laut di lepas pantai timurnya.

Peluncuran Rudal Balistik Tak Pernah Sesering Ini

Korut terus melanjutkan peluncuran rudal balistik dalam dua hari terakhir. Peluncuran rudal balistik Korut belum pernah sesering ini.

Dilansir dari Reuters, Selasa (25/1/2022), aktivitas peluncuran terbaru Korut itu dilaporkan oleh Korea Selatan (Korsel), negara tetangganya. Kepala Staf Gabungan militer Korsel mengatakan bahwa pihaknya masih menganalisis peluncuran itu untuk menetapkan jenis proyektil yang digunakan.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.