Korea Utara Isyaratkan Mulai Kembali Uji Coba Nuklir

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 20 Jan 2022 09:54 WIB
People watch a TV showing a file image of North Korean leader Kim Jong Un shown during a news program at the Seoul Railway Station in Seoul, South Korea, Thursday, Jan. 20, 2022. Accusing the United States of hostility and threats, North Korea on Thursday said it will consider restarting
Pemimpin Korut, Kim Jong-Un (AP Photo/Ahn Young-joon)
Pyongyang -

Korea Utara (Korut) mengisyaratkan hendak memulai kembali uji coba nuklir dan rudal balistik jarak jauh buatannya. Isyarat ini muncul saat para pejabat tinggi Korut mengungkapkan rezim komunis pimpinan Kim Jong-Un ini tengah bersiap menghadapi 'konfrontasi jangka panjang' dengan Amerika Serikat (AS).

Seperti dilansir AFP, Kamis (20/1/2022), kantor berita resmi Korut, Korean Central News Agency (KCNA) melaporkan bahwa rapat politburo Komisi Pusat Partai Buruh Korut 'memberikan instruksi kepada sektor terkait untuk segera memeriksa isu-isu untuk memulai kembali' semua aktivitas yang ditangguhkan sementara.

Instruksi itu kemungkinan merujuk pada program nuklir dan rudal balistik antarbenua (ICBM) Korut.

"Kebijakan permusuhan dan ancaman militer oleh AS telah mencapai garis bahaya yang tidak bisa diabaikan lagi," sebut KCNA dalam laporannya.

Kim Jong-Un dilaporkan memimpin rapat politburo yang menyajikan laporan analisis kondisi Semenanjung Korea dan membahas soal 'orientasi untuk tindakan balasan terhadap AS di masa mendatang'.

Tahun 2018 lalu, Kim Jong-Un menetapkan moratorium untuk uji coba nuklir dan ICBM Korut. Namun dia juga mengancam akan mencabut moratorium setelah perundingan dengan mantan Presiden AS Donald Trump kolaps tahun 2019.

Awal tahun ini, Korut melancarkan rentetan peluncuran rudal, termasuk rudal hipersonik, yang melanggar sanksi dan resolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Korut juga menolak tawaran berunding dari pemerintahan baru AS di bawah Presiden Joe Biden.

Simak Video: Jepang Kecam Tindakan Uji Coba Rudal Korea Utara

[Gambas:Video 20detik]