Korea Utara Luncurkan 2 Rudal Jelajah, Peluncuran Kelima Tahun Ini

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 25 Jan 2022 15:55 WIB
This photo provided by the North Korean government, shows what it says a test launch of a hypersonic missile in North Korea Wednesday, Jan. 5, 2022. Independent journalists were not given access to cover the event depicted in this image distributed by the North Korean government. The content of this image is as provided and cannot be independently verified. Korean language watermark on image as provided by source reads:
Ilustrasi -- Peluncuran rudal Korea Utara (dok. Korean Central News Agency/Korea News Service via AP)
Pyongyang -

Korea Utara (Korut) dilaporkan kembali meluncurkan objek yang diduga dua rudal jelajah dari wilayahnya. Kedua rudal itu disebut jatuh ke perairan sebelah timur negara komunis tersebut.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (25/1/2022), aktivitas peluncuran terbaru Korut itu dilaporkan oleh Korea Selatan (Korsel), negara tetangganya. Kepala Staf Gabungan militer Korsel mengatakan bahwa pihaknya masih menganalisis peluncuran itu untuk menetapkan jenis proyektil yang digunakan.

Peluncuran rudal terbaru pada Selasa (25/1) waktu setempat ini merupakan yang kelima dilakukan Korut sepanjang tahun ini.

Pemimpin Korut, Kim Jong-Un, sebelumnya bersumpah akan memperkuat militer dengan teknologi canggih. Sumpah itu disampaikan saat pembicaraan dengan Korsel dan Amerika Serikat (AS) terhenti.

Korut mengabaikan kecaman internasional dan menggelar empat uji coba rudal balistik beberapa pekan terakhir, dengan yang paling baru pada 17 Januari lalu.

Belum ada pernyataan resmi dari Korut soal peluncuran terbaru itu.