Korut Kembali Luncurkan Rudal Balistik, Belum Pernah Sesering Ini

Rita Uli Hutapea - detikNews
Kamis, 27 Jan 2022 15:14 WIB
Korea Utara baru saja meluncurkan rudal balistik dari kereta api. Dilansir Associated Press, peluncuran rudal ini sebagai pembalasan terhadap saksi yang dijatuhkan Amerika Serikat.
ilustrasi peluncuran rudal balistik Korea Utara (Foto: Screenshoot AFP)
Jakarta -

Korea Utara (Korut) kembali menembakkan dua proyektil yang diduga sebagai rudal balistik pada hari Kamis (27/1) ini.

Dilansir dari kantor berita AFP, Kamis (27/1/2022), peluncuran ini merupakan uji coba senjata keenam Korut sepanjang bulan ini dalam salah satu rangkaian peluncuran rudal paling intens.

Korea Utara belum pernah menembakkan rudal sebanyak ini dalam satu bulan kalender dalam beberapa dekade. Demikian menurut data yang dikumpulkan oleh Pusat Studi Strategis dan Internasional - sebuah think tank yang berbasis di Washington, Amerika Serikat.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan (Korsel) mengatakan pihaknya mendeteksi dua rudal balistik jarak pendek yang ditembakkan dari daerah kota Hamhung menuju Laut Timur sekitar pukul 8 pagi waktu setempat.

"Proyektil terbang 190 kilometer (118 mil) pada ketinggian 20 km," kata Kepala Staf Gabungan Korsel.

Sebelumnya, Pyongyang menembakkan dua rudal jelajah pada hari Selasa (25/1), dan menguji coba rudal balistik pada 14 dan 17 Januari. Pyongyang juga menembakkan apa yang dikatakannya sebagai rudal hipersonik pada 5 dan 11 Januari.

"Saya percaya, jika kita memasukkan dua rudal jelajah, ini sekarang menjadi peluncuran rudal Korea Utara yang paling banyak tercatat dalam satu bulan," tulis pengamat, Ankit Panda di Twitter.

Dia mengatakan, rentetan peluncuran itu bisa menjadi bagian dari pelatihan militer reguler Korea Utara, atau terkait dengan perayaan yang sedang berlangsung selama satu dekade Kim berkuasa atau peringatan-peringatan domestik yang akan datang.

Negeri komunis itu sedang bersiap untuk memperingati 80 tahun kelahiran ayah Kim, mendiang pemimpin Kim Jong Il, pada bulan Februari mendatang, serta ulang tahun ke-110 pendiri bangsa, Kim Il Sung pada bulan April akan datang.

(ita/ita)