International Updates

Wanita Tewas Didorong ke Kereta, Kapal Selam Nuklir AS Muncul di Guam

Rita Uli Hutapea - detikNews
Senin, 17 Jan 2022 17:19 WIB
Police identified the victim as 40-year-old Michelle Alyssa Go. (WABC via CNN)
Situasi di stasiun kereta bawah tanah AS yang jadi lokasi wanita Asia didorong ke depan kereta (Foto: WABC via CNN)
Jakarta -

Seorang wanita keturunan Asia tewas setelah didorong ke depan sebuah rangkaian kereta bawah tanah yang baru tiba di stasiun Times Square, New York, Amerika Serikat (AS). Pria yang mendorong wanita itu telah ditangkap polisi setelah sempat melarikan diri dari lokasi kejadian.

Seperti dilansir Associated Press, Senin (17/1/2022), Komisioner Kepolisian New York, Keechant Sewell, dalam konferensi pers bersama Wali Kota Eric Adams menuturkan bahwa pelaku yang bertanggung jawab atas serangan itu sempat melarikan diri namun kemudian menyerahkan diri ke kantor polisi setempat.

Korban diidentifikasi sebagai wanita keturunan Asia bernama Michelle Alyssa Go (40).

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Senin (17/1/2022):

- 4 Orang Disandera di Sinagoga AS, Pelakunya Warga Inggris

Seorang pria bersenjata sempat menyandera empat orang di sebuah sinagoga di Dallas, Texas, Amerika Serikat (AS), sebelum akhirnya pelaku ditemukan tewas di lokasi. Otoritas federal AS mengidentifikasi pelaku sebagai warga negara Inggris.

Seperti dilansir Reuters, Senin (17/1/2022), aksi penyanderaan di sinagoga Congregation Beth Israel di Colleyville, yang berjarak 25 kilometer sebelah timur laut Fort Worth, Texas itu berakhir dengan baku tembak pada Sabtu (15/1) malam waktu setempat, setelah otoritas berwenang melakukan pengepungan sepanjang hari.

Empat sandera, yang terdiri atas seorang rabi dan tiga orang lainnya, berhasil dibebaskan tanpa luka-luka sedikitnya.

Pelaku ditemukan tewas di lokasi, namun belum jelas apakah dia menghabisi nyawanya sendiri atau tewas akibat tembakan agen Biro Investigasi Federal (FBI) yang menggerebek lokasi penyanderaan.

- Taliban Gunakan Semprotan Merica pada Demonstran Wanita

Pasukan Taliban menggunakan semprotan merica (pepper spray) terhadap para pengunjuk rasa wanita di Kabul, ibu kota Afghanistan yang menuntut hak atas pekerjaan dan pendidikan.

Sejak kembali menguasai Afghanistan pada Agustus tahun lalu, otoritas Taliban telah memberlakukan sejumlah pembatasan pada warga Afghanistan, terutama pada kaum wanita.

Dilansir dari kantor berita AFP, Senin (17/1/2022), seorang koresponden AFP melaporkan, sekitar 20 wanita berkumpul di depan Universitas Kabul pada Minggu (16/1) waktu setempat, meneriakkan "kesetaraan dan keadilan" dan membawa spanduk bertuliskan "Hak-hak perempuan, hak asasi manusia".

Namun, aksi protes itu kemudian dibubarkan oleh pasukan Taliban yang tiba di tempat kejadian dengan beberapa kendaraan. Demikian disampaikan tiga demonstran wanita kepada AFP.

- Thailand Laporkan Kematian Pertama Akibat Omicron

Thailand telah melaporkan kematian pertamanya akibat varian virus Corona yang sangat menular, Omicron.