International Updates

Puluhan Demonstran Tewas di Kazakhstan, Mafia Ditangkap Berkat Google Maps

Rita Uli Hutapea - detikNews
Kamis, 06 Jan 2022 18:26 WIB
Protesters try to speak to riot police as they gather in the center of Almaty, Kazakhstan, Wednesday, Jan. 5, 2022. Demonstrators denouncing the doubling of prices for liquefied gas have clashed with police in Kazakhstans largest city and held protests in about a dozen other cities in the country. Local news reports said police dispersed a demonstration of about a thousand people Tuesday night in Almaty and that some demonstrators were detained. (AP Photo/Vladimir Tretyakov)
kerusuhan di Kazakhstan (Foto: AP/Vladimir Tretyakov)
Jakarta -

Situasi di Kazakhstan memanas. Pasukan keamanan menewaskan puluhan demonstran yang mencoba menyerbu gedung-gedung pemerintah. Insiden ini terjadi setelah aliansi militer yang dipimpin Rusia setuju untuk mengirim pasukan guna membantu memadamkan kerusuhan yang meningkat di negara itu.

Kazakhstan yang kaya energi, kini tengah menghadapi krisis terbesarnya dalam beberapa dasawarsa, setelah aksi-aksi protes berhari-hari atas kenaikan harga bahan bakar meningkat menjadi kerusuhan yang meluas.

Dilansir dari kantor berita AFP, Kamis (6/1/2022), dalam kekerasan terburuk yang dilaporkan sejauh ini, polisi mengatakan puluhan orang tewas dalam bentrokan dengan pasukan keamanan di gedung-gedung pemerintah di kota terbesar di negara itu, Almaty pada Rabu (5/1) malam waktu setempat.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Kamis (6/1/2022):

- Veteran Tertua AS Tutup Usia 112 Tahun, Pernah 2 Kali Nyaris Mati

Veteran tertua Amerika Serikat, Lawrence Brooks, meninggal pada Rabu (5/1) waktu setempat pada usia 112 tahun. Kematiannya diumumkan oleh Museum Perang Dunia II di New Orleans, AS.

Museum Nasional Perang Dunia II "akan selamanya menghargai kenangan kita bersama dengan Lawrence Brooks," kata direktur museum tersebut, Stephen Watson dalam sebuah pernyataan.

"Dia adalah teman terkasih, pria yang sangat beriman dan memiliki semangat yang mengilhami orang-orang di sekitarnya," imbuhnya seperti diberitakan kantor berita AFP, Kamis (6/1/2022).

Tidak disebutkan penyebab kematian veteran tertua AS tersebut.

- China Hukum Pejabat Usai Geger Wanita Hamil Keguguran di Kota Xi'an

Otoritas China telah menghukum sejumlah pejabat setelah viralnya rekaman video seorang wanita hamil delapan bulan yang mengalami keguguran di kota Xi'an ketika sebuah rumah sakit menolaknya masuk tanpa tes COVID-19. Insiden ini terjadi saat kota tersebut tengah di-lockdown untuk mengendalikan penyebaran virus Corona.

Kota bersejarah berpenduduk 13 juta jiwa itu telah berada di bawah lockdown ketat selama dua minggu seiring pemerintah China berpegang pada strategi "nol-COVID" untuk membasmi semua kasus infeksi Corona.

Dilansir dari kantor berita AFP, Kamis (6/1/2022), insiden menyedihkan itu diunggah ke media sosial oleh keponakan wanita itu pada 1 Januari lalu, yang mencakup foto dan video wanita yang duduk di bangku plastik dengan dikelilingi genangan darah di luar rumah sakit.

Postingan itu kemudian dihapus tetapi telah memicu kemarahan yang meluas secara online tentang kesulitan yang dihadapi beberapa penduduk kota Xi'an yang terkunci itu.

- Pria Palestina Tewas Ditembak Tentara Israel di Tepi Barat

Seorang warga Palestina tewas akibat tembakan tentara Israel di wilayah Tepi Barat pada Kamis (6/1) pagi waktu setempat.

Dilansir dari kantor berita AFP, Kamis (6/1/2022), sumber medis dan sumber keamanan Palestina mengatakan, pria Palestina tersebut bernama Bakir Hashash yang berasal dari kamp pengungsi Balata.