International Updates

Korut Kembali Luncurkan Rudal Balistik, Taiwan Latihan Cegat Pesawat China

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 05 Jan 2022 18:47 WIB
People watch a TV screen showing a news program reporting about North Koreas firing of projectiles with a file image at the Seoul Railway Station in Seoul, South Korea, Monday, March 2, 2020. North Korea fired two unidentified projectiles into its eastern sea on Monday as it begins to resume weapons demonstrations after a months-long hiatus that could have been forced by the coronavirus crisis in Asia. The Korean letters read:
Ilustrasi -- Peluncuran rudal Korea Utara (dok. AP Photo)
Jakarta -

Korea Utara (Korut) kembali meluncurkan rudal balistik dari wilayahnya yang jatuh ke lautan sebelah timur Semenanjung Korea. Angkatan Udara Taiwan menggelar latihan untuk mencegat pesawat-pesawat militer China yang mendekati wilayahnya.

Aktivitas terbaru Korut yang dilaporkan dua negara tetangganya, yakni Korea Selatan (Korsel) dan Jepang, ini menjadi peluncuran rudal pertama pada tahun 2022.

Sementara latihan simulasi perang oleh Angkatan Udara Taiwan itu merupakan bagian dari latihan militer selama tiga hari untuk menunjukkan kesiapan tempur Taiwan di tengah ketegangan militer yang meningkat dengan China.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Rabu (5/1/2022):

- Korut Kembali Tembakkan Rudal Balistik, Pertama di Tahun 2022

Korea Utara (Korut) dilaporkan kembali menembakkan sebuah proyektil yang diduga rudal balistik dari wilayahnya. Ini menjadi peluncuran rudal pertama Korut pada tahun 2022 ini.

Seperti dilansir AFP dan Reuters, Rabu (5/1/2022), aktivitas balistik terbaru Korut ini dilaporkan oleh dua negara tetangganya, yakni Korea Selatan (Korsel) dan Jepang.

Laporan militer Korsel menyebut Korut menembakkan objek yang 'diduga sebagai rudal balistik' dari daratan menuju ke lautan di sebelah timur Semenanjung Korea pada Rabu (5/1) pagi, sekitar pukul 08.10 waktu setempat.

- Varian Omicron Sumbang 95,4 Persen Total Kasus Corona di AS

Gelombang baru virus Corona (COVID-19) yang dipicu varian baru Omicron telah memicu lonjakan lebih dari 1 juta kasus dalam sehari di Amerika Serikat (AS). Bahkan dilaporkan bahwa varian Omicron, yang kini mendominasi di AS, telah menyumbang lebih dari 95 persen total kasus Corona di negara tersebut.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (5/1/2022), varian Omicron yang menyebar dengan cepat di berbagai wilayah AS sejak pertama kali terdeteksi pada 1 Desember lalu, telah menggantikan varian Delta sebagai varian yang dominan di negara ini.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) menyebut bahwa varian Omicron kini diperkirakan menyumbang 95,4 persen kasus Corona yang tercatat di AS hingga 1 Januari.

Tonton video 'Jepang Sesalkan Korut Masih Tembakkan Rudal Balistik di Tengah Diplomasi':

[Gambas:Video 20detik]