Korut Kembali Tembakkan Rudal Balistik, Pertama di Tahun 2022

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 05 Jan 2022 09:14 WIB
Korea Utara (Korut) telah berhasil menguji coba rudal hipersonik pada Selasa (28/9) waktu setempat. Ini akan menjadi kemajuan terbaru negara bersenjata nuklir tersebut dalam teknologi senjata.
Ilustrasi (dok. AP Photo/Ahn Young-joon)
Pyongyang -

Korea Utara (Korut) dilaporkan kembali menembakkan sebuah proyektil yang diduga rudal balistik dari wilayahnya. Ini menjadi peluncuran rudal pertama Korut pada tahun 2022 ini.

Seperti dilansir AFP dan Reuters, Rabu (5/1/2022), aktivitas balistik terbaru Korut ini dilaporkan oleh dua negara tetangganya, yakni Korea Selatan (Korsel) dan Jepang.

Laporan militer Korsel menyebut Korut menembakkan objek yang 'diduga sebagai rudal balistik' dari daratan menuju ke lautan di sebelah timur Semenanjung Korea pada Rabu (5/1) pagi, sekitar pukul 08.10 waktu setempat.

"Intelijen Korea Selatan dan Amerika Serikat (AS) sedang menganalisis dengan cermat untuk informasi detail lebih lanjut," demikian pernyataan Kepala Staf Gabungan Korsel.

Peluncuran terbaru rudal Korut itu pertama kali dilaporkan oleh penjaga pantai Jepang, yang memperingatkan kapal-kapal di area sekitar untuk tidak mendekati objek mencurigakan apapun yang mereka temui.

Perdana Menteri (PM) Jepang, Fumio Kishida, menyebutnya sebagai 'kemungkinan peluncuran rudal balistik'.

"Sangat disesalkan bahwa Korea Utara terus meluncurkan rudal sejak tahun lalu," ucap Kishida kepada wartawan setempat.

Simak Video 'Jepang Sesalkan Korut Masih Tembakkan Rudal Balistik di Tengah Diplomasi':

[Gambas:Video 20detik]