International Updates

PM Haiti Lolos Percobaan Pembunuhan, AS Catat 1 Juta Kasus Corona Sehari

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 04 Jan 2022 18:16 WIB
(FILES) In this file photo taken on November 18, 2021 Haitian Prime Minister Ariel Henry speaks during a ceremony marking the 218th anniversary of the Battle of Vertires in Port-au-Prince, Haiti. - Haitian Prime Minister Ariel Henry told AFP in an interview January 3, 2022 that he was targeted in an assassination attempt during weekend national day celebrations.
An attempt has been made against me personally. My life has been put in the crosshairs, said Henry, who has been de-facto running the country since the July assassination of president Jovenel Moise. (Photo by Richard PIERRIN / AFP)
PM Haiti, Ariel Henry (dok. AFP/RICHARD PIERRIN)
Jakarta -

Perdana Menteri (PM) Haiti, Ariel Henry, berhasil lolos dari percobaan pembunuhan oleh sekelompok pria bersenjata saat dirinya mengunjungi sebuah gereja. Di Amerika Serikat (AS), lebih dari 1 juta kasus virus Corona (COVID-19) tercatat dalam sehari yang mencetak rekor global.

Kantor PM Haiti dalam pernyataannya menyebut bahwa 'para bandit dan teroris' mencoba menembak sang PM di sebuah gereja di kota Gonaives pada Sabtu (1/1) waktu setempat, saat digelar seremoni peringatan 218 tahun kemerdekaan Haiti.

Sementara itu, lonjakan 1 juta kasus Corona dalam sehari yang mencetak rekor global itu tercatat lebih tinggi nyaris dua kali lipat dibandingkan rekor sebelumnya, ketika AS mencatat 590.000 kasus Corona dalam sehari pada 30 Desember lalu.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Selasa (4/1/2022):

- Mencekam! PM Haiti Jadi Target Percobaan Pembunuhan Saat Kunjungi Gereja

Perdana Menteri (PM) Haiti, Ariel Henry, lolos dari percobaan pembunuhan yang dilakukan sekelompok pria bersenjata pada akhir pekan lalu. Insiden itu terjadi saat Henry tengah mengunjungi sebuah gereja di kota Gonaives dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Haiti.

Seperti dilansir Reuters dan AFP, Selasa (4/1/2022), kantor PM Haiti dalam pernyataannya menyebut bahwa 'para bandit dan teroris' mencoba menembak sang PM di sebuah gereja di kota Gonaives pada Sabtu (1/1) waktu setempat, saat digelar seremoni peringatan 218 tahun kemerdekaan Haiti.

Rekaman video yang diunggah ke media sosial menunjukkan momen saat PM Henry dan rombongannya bergegas menuju ke kendaraan mereka. Sementara, sekelompok pria bersenjata melepas tembakan di luar sebuah katedral di Gonaives.

- Helikopter Militer Israel Jatuh di Laut Mediterania, 2 Pilot Tewas

Satu unit helikopter militer Israel jatuh di perairan Mediterania saat misi latihan. Dua pilot yang ada di dalam helikopter dinyatakan tewas dan satu awak lainnya luka-luka.

Dilansir dari AFP, Selasa (4/1/2022), militer Israel dalam pernyataannya menyebut helikopter maritim jenis Atalef milik Angkatan Udara Israel itu jatuh di Laut Mediterania atau di lepas pantai Kota Haifa pada Senin (3/1) waktu setempat. Helikopter maritim itu sedang melakukan penerbangan latihan ketika insiden terjadi.

Tim penyelamat, termasuk Unit Misi Bawah Laut pada Pasukan Khusus Israel telah dikerahkan. Namun, tim gagal menyelamatkan dua pilot helikopter itu. Keduanya dinyatakan tewas seketika di lokasi kejadian.