Bui 4 Tahun Lamanya Bagi Aung San Suu Kyi

Tim detikcom - detikNews
Senin, 06 Des 2021 20:33 WIB
Myanmar State Counsellor Aung San Su Kyi attends the Myanmar Ethnics Culture Festival in Yangon on February 1, 2020. (Photo by Sai Aung Main / AFP)
Aung San Suu Kyi (Foto: AFP/SAI AUNG MAIN)
Jakarta -

Pengadilan Myanmar menjatuhkan hukuman terhadap pemimpin sipil Aung San Suu Kyi yang dilengserkan kudeta militer awal tahun ini. Aung San Suu Kyi dijatuhkan hukuman total empat tahun penjara.

Suu Kyi dinyatakan terbukti bersalah atas dakwaan menghasut perbedaan pendapat terhadap militer. Selain itu dia juga disebut bersalah melanggar protokol pandemi virus Corona (COVID-19).

Dilansir Channel News Asia, Senin (6/12/2021), vonis terhadap Suu Kyi itu diumumkan juru bicara junta militer Myanmar, Zaw Min Tun, dalam pernyataannya kepada AFP pada Senin (6/12) waktu setempat.

"Dihukum dua tahun penjara di bawah pasal 505(b) dan dua tahun penjara di bawah undang-undang bencana alam," ungkap Zaw dalam pernyataannya.

Hukuman itu menjadi vonis pertama yang dijatuhkan terhadap Suu Kyi, yang terjerat serangkaian kasus sejak junta militer Myanmar mengambil alih kekuasaan.

Para jurnalis dilarang meliput persidangan yang digelar di pengadilan khusus yang dibentuk junta militer Myanmar di ibu kota Naypyitaw. Selain itu pengacara Suu Kyi dilarang berbicara kepada media soal isi persidangan.

Pendukung Suu Kyi menyebut kasus-kasus yang menjeratnya tidak berdasar dan dirancang untuk menghancurkan karier politiknya serta mengikatnya dalam proses hukum sementara militer berkuasa.

Selain Suu Kyi, mantan Presiden Myanmar, Win Myint, juga dijatuhi hukuman empat tahun penjara atas dakwaan yang sama.