International Updates

Varian Omicron Menyebar Cepat di AS, India Catat Rekor Kematian Corona

Rita Uli Hutapea - detikNews
Senin, 06 Des 2021 18:49 WIB
Munculnya varian Omicron membuat warga di berbagai negara dunia waspada. Di AS, warga kembali beraktivitas menggunakan masker dan ramai-ramai divaksin COVID-19.
ilustrasi (Foto: AP Photo)

Dengan adanya revisi itu, menurut penghitungan Reuters, maka total kematian akibat Corona di India mencapai 2.796 kematian dalam sehari.

Angka itu tercatat sebagai tambahan kematian harian tertinggi di India sejak 21 Juli lalu.

- Mobil Tentara Myanmar Tabrak Demonstran, 5 Orang Tewas

Sedikitnya lima orang tewas setelah mobil yang ditumpangi anggota pasukan keamanan Myanmar menabrak kerumunan demonstran anti-kudeta di Yangon. Sebanyak 15 orang lainnya ditangkap terkait unjuk rasa itu.

Seperti dilaporkan media lokal, Myanmar Now dan dilansir Reuters, Senin (6/12/2021), sejumlah saksi mata menuturkan kepada Reuters bahwa belasan orang mengalami luka-luka dalam insiden yang terjadi Minggu (5/12) pagi waktu setempat.

Sejumlah foto dan video yang diunggah ke media sosial menunjukkan sebuah kendaraan menabrak kerumunan demonstran dan sejumlah jenazah tergeletak di tengah jalan.

- Menyebar Cepat, Nyaris Sepertiga Wilayah AS Deteksi Varian Omicron!

Varian baru virus Corona (COVID-19), Omicron, dilaporkan telah menyebar ke sekitar sepertiga wilayah Amerika Serikat (AS). Namun otoritas kesehatan AS menyebut varian Delta masih mendominasi kasus Corona di AS, terutama saat jumlah kasus meningkat secara nasional beberapa waktu terakhir.

Seperti dilansir Reuters, Senin (6/12/2021), meski kemunculan varian Omicron memicu kekhawatiran dunia, pakar penyakit menular terkemuka AS, Dr Anthony Fauci, yang juga kepala penasihat medis Presiden Joe Biden menyatakan kepada CNN bahwa 'sejauh ini tampaknya tidak ada tingkat keparahan besar akibat itu'.

Namun Fauci juga menambahkan masih terlalu dini untuk menarik kesimpulan yang pasti dan studi lebih lanjut diperlukan.


(ita/ita)