Round Up

Dukungan ke Aktivis Turki Bikin 10 Dubes Negara Barat Diusir Erdogan

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 24 Okt 2021 19:06 WIB

Pengakuan Jerman-AS Soal Pengusiran Dubes oleh Erdogan

Tiga negara dari total 10 negara Barat yang dubesnya bakal diusir Erdogan angkat suara pada Sabtu (23/10) malam waktu setempat. Mereka mengaku belum menerima pemberitahuan resmi dari pemerintah Turki soal permintaan Erdogan itu.

"Kami saat ini sedang dalam konsultasi intensif dengan sembilan negara lain yang terkait," kata Kementerian Luar Negeri Jerman, seperti dilansir dari AFP, Minggu (24/10/2021).

"Amerika Serikat mengetahui laporan tersebut dan sedang mencari kejelasan dari Kementerian Luar Negeri Turki," kata juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika Serikat.

"Duta besar kami tidak melakukan apa pun yang membenarkan pengusiran itu," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Norwegia, Trude Maseide, kepada media di negara asalnya.

Trude Maseide juga bersumpah akan terus menekan Turki terkait masalah hak asasi manusia dan demokrasi - komentar yang digaungkan oleh pejabat Denmark dan Belanda.

Selain Jerman dan AS, negara-negara lain yang juga dubesnya bakal diusir adalah Kanada, Denmark, Finlandia, Prancis, Belanda, Selandia Baru, Norwegia dan Swedia.


(izt/dhn)